Alun-alun Pacitan yang Semakin Penuh Warna

oleh -1.118 views

Pacitanku.com, PACITAN – Alun-alun Kabupaten Pacitan kini semakin menjadi tempat yang nyaman untuk kongkow. Di alun-alun sisi timur, kini tempat-tempat dan fasilitas pelengkap yang dibangun Pemerintah Kabupaten menjadikan alun-alun semakin nyaman dan lengkap sebagai titik kumpul dan tempat nongkrong favorit masyarakat Pacitan.

Alun-alun Pacitan sepertinya sudah menjadi salah satu tempat favorit, utamanya saat sore hingga malam hari. Saat-saat tersebut, adalah saat-saat paling ramai, dimana alun-alun barat dan timur menjadi jujugan masyarakat Pacitan menjalankan aktivitasnya.

Ada yang sibuk rapat di gazebo, ada yang sekedar nongkrong-nongkrong sembari berfoto, ada yang bermain di taman mainan. Sementara disisi barat ada yang berolahraga, main basket hingga jogging.

Baca juga: Alun-alun Pacitan dari Masa ke Masa: Dari Zaman Penjajahan Hingga Kekinian

Alun-alun Pacitan memang menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat, utamanya saat sore hingga malam. Selain karena letaknya yang strategis, yakni berada di tengah kota, juga karena penataannya semakin modern dan fasilitasnya yang semakin lengkap.

Semakin modern, penataan alun-alun Pacitan juga semakin berkembang. Misalnya kawasan PKL ditata dengan rapi, ditambah trotoar alun-alun Pacitan pun semakin dipercantik dengan pot bunga serta lantai marmer.

Tak hanya itu, di bagian taman alun-alun juga semakin lengkap seiring ditambahnya berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut diantaranya gazebo untuk pertemuan, arena bermain anak seperti ayunan, patung tokoh ikonik seperti spongebob dan tokoh lainnya.

Selain itu, sarana penunjang seperti, toilet, tempat sampah mushola dan taman bunga yang cantik, juga melengkapi taman alun-alun sisi timur. Tak hanya itu, di bagian timur ini juga dibangun taman ikan, burung dara dan bangku-bangku untuk kongkow, lampu taman yang indah dipandang, hingga air mancur.

Masyarakat nongkrong di alun-alun Pacitan.

Nah, khusus untuk air mancur, kini tersedia fasilitas taman air mancur menari yang dibangun Pemkab Pacitan tahun 2018 lalu. Dengan fasilitas ini, saat khusus malam Minggu, Anda bisa menikmati pancuran air mancur menari ini di alun-alun Pacitan.

Baca juga: [Video] Air Mancur di Alun-alun Pacitan

Masih di sisi timur, area PKL juga tertata rapi dan seringkali menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda hingga orang tua, utamanya saat malam hari. Berbagai varian kuliner dengan harga yang terjangkau pun tersedia di PKL alun-alun Pacitan, dari teh anget, jadah bakar hingga opor ayam tersedia.

Di malam hari, pemandangan tak jauh beda juga terdapat di alun – alun Pacitan. Dan bersamaan dengan waktu semakin larut, semakin banyak pula warga yang berdatangan untuk sekedar menikmati hangatnya kuliner di tengah dinginnya malam di Kota Pacitan.

Yang masih sama dengan beberapa dekade, di alun-alun Pacitan masih tumbuh subur dan semakin rindang pohon-pohon raksasa, dengan akarnya yang menjuntai. Ditambah tulisan “Pacitan Berhias” dari tanaman yang ditata sedemikian rupa, masih tersedia di alun-alun Pacitan.

Sementara di titik tengah antara alun-alun sisi barat dan sisi timur, dibangun tugu Pancasila, yang berhadapan dengan tugu Pacitan 0 kilometer. Nuansa semakin oke saat tulisan taman alun-alun Pacitan menjadi pelengkap obyek fotografi anak-anak muda.

Sementara, di alun-alun sisi barat, alun-alun difungsikan untuk kegiatan publik. Dari kegiatan olahraga, seni, pendidikan dan budaya. Di bagian sisi barat alun-alun Pacitan ini juga dibangun sarana dan prasarana olahraga, khususnya untuk gym, bola voli dan basket.

Seringkali di sisi barat alun-alun Pacitan ini juga digunakan untuk kegiatan kebudayaan seperti peringatan hari jadi Pacitan, kegiatan olahraga seperti Lomba olahraga antar kecamatan hingga upacara kemerdekaan.

Saat kami mengunjungi alun-alun, terlihat sekelompok anak-anak muda sedang asyik bermain basket, sementara disisi lain di bagian barat, sekelompok masyarakat lain sedang berolahraga dengan fasilitas “gym” untuk publik. Tak hanya itu, anak-anak muda lain sedang jogging mengelilingi alun-alun Pacitan.

Demikian ulasan singkat tentang alun-alun Pacitan yang semakin penuh warna dan jadi rujukan dan jujugan aktivitas masyarakatnya. Semoga semakin banyak yang mengunjungi dan menjadikan alun-alun Pacitan tempat bercengkerama, semakin bahagia masyarakatnya.