Pringkuku

oleh Sebar Tweet

Kecamatan Pringkuku adalah Kecamatan yang berada di sebelah barat  Kota Kabupaten  dataran tinggi dan memiliki potensi  sumber daya kelautan. Kondisi masyarakat yang sangat heterogen dan sangat majemuk serta tingat sosial ekonomi dan pendidikannya sangat beragam. Secara Geografis wilayah Kecamatan Pringkuku sebagian besar  berada pada tanah perbukitan, dengan batas wilayah sebagai berikut :

a)       Sebelah barat        : Kecamatan Punung

b)       Sebelah utara        : Kecamatan Arjosari

c)       Sebelah Timur       : Kecamatan Pacitan

d)       Sebelah Selatan    : Samudera Indonesia.

Pembagian wilayah Pringkuku secara administratif, terbagi menjadi 13 Desa, yaitu sebagai berikut :Desa Sugihwaras, Desa Dersono, Desa Watukarung, Desa Candi, Desa Poko, Desa Dadapan, Desa Pringkuku, Desa Ngadirejan, Desa Jlubang, Desa Sobo, Desa Glinggangan, Desa Pelem, dan Desa Tamanasri.

Pringkuku memiliki topografi yang unik, dimana sebagian wilayah adalah laut, tetapi sebagian yang lainnya adalah dataran tinggi. Oleh karena itu, Pringkuku mempunyai dua wilayah yang sangat berpotensi besar, yaitu di Wilayah selatan, tepatnya daerah pemukiman pesisir Pantai Watukarung, yang sangat berpotensi pada sektor kelautan dikarenakan terdapatnya pelabuhan nelayan yang terdapat di desa Watukarung. Hasil dari nelayan juga sangat membantu Pemerintah dalam meningkatkan pendapat perkapita daerah. Sedangkan di wilayah utara, karena kondisi kemiringan tanah yang termasuk kategori pegunungan, sangat cocok untuk bercocok tanam para warganya terutama yang bercocok tanam buah-buahan, sayur, dan juga pertanian.