Pacitan

oleh Sebar Tweet
Pacitan
Pacitan

Kecamatan Pacitan adalah kecamatan yang terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Pacitan. Dengan kondisi topografi wilayah berada di kategori datar, Kecamatan Pacitan memiliki kekhususan tersendiri dibanding dengan 11 Kecamatan yang lain. Kecamatan ini memiliki kekhususan karena faktornya adalah wilayah Kecamatan Pacitan yang merupakan denyut nadi Pemerintahan dan Perekonomian Kabupaten Pacitan.

Selain itu dari sisi human resources, karena masyarakat Pacitan memiliki tingkat pendidikan dan ekonomi kelas menengah keatas, membuat Kecamatan Pacitan memiliki keunggulan disisi ini. Kondisi masyarakat yang sangat heterogen dan sangat majemuk serta tingat sosial ekonomi dan pendidikannya sangat beragam menjadikan Kecamatan Pacitan sebagai barometer untuk Kecamatan lainnya. Kecamatan Pacitan memiliki batas wilayah sebagai berikut :

a)       Sebelah barat        : Kecamatan Pringkuku,

b)       Sebelah utara        : Kecamatan Arjosari,

c)       Sebelah Timur       : Kecamatan Kebonagung,

d)       Sebelah Selatan    : Samudera Indonesia

Sedangkan untuk pembagian wilayah administratif, Kecamatan Pacitan terbagi menjadi 20 Desa dan 5 Kelurahan, yaitu Desa Sedeng, Desa Bangunsari, Desa Sambong, Desa Ponggok, Desa Bolosingo, Desa Tambakrejo, Desa Semanten, Desa Banjarsari, Desa Purworejo, Desa Mentoro, Desa Menadi, Desa Arjowinangun, Desa Sirnoboyo, Desa Kayen, Desa Sukoharjo, Desa Kembang, Desa Tanjungsari, Desa Widoro, Desa Nanggungan, Desa Sumberharjo, Kelurahan Pacitan, Kelurahan Pucangsewu, Kelurahan Sidoharjo, Kelurahan Ploso, dan Kelurahan Baleharjo.

Kecamatan Pacitan memiliki peta potensi yang unik dan menjadi komoditi utama masyarakat disini, teruatam dari sektor perikanan. Sebagai contoh, dengan kondisi topografi yang menghadap ke teluk Pacitan, menjadikan Kecamatan Pacitan mempunyai daya tarik tersendiri dari sektor wisata laut. Pantai Teleng Ria dan Tamperan yang dibangun dermaga Nelayan  merupakan tempat pendaratan Perahu Nelayan dan tempat pelelangan ikan.  Di dermaga tersebut dibangun Breakwater sebagai pemecah ombak, diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat Pacitan. Tentunya berbagai potensi alam tersebut didukung oleh sarana yang memadai untuk mempercepat akselerasi potensi ekonomi.