Arjosari

oleh Sebar Tweet

asKecamatan Arjosari adalah Kecamatan yang terletak berdekatan dengan ibukota kabupaten, sehingga hal ini memudahkan Arjosari dalam akselerasi pembangunan wilayah. Kecamatan terletak di sebelah utara ibu kota Kabupaten Pacitan yang berbatasan sebelah utara dengan Kecamatan Nawangan, sebelah selatan dengan Kecamatan Pacitan, sebelah timur dengan Kecamatan Tegalombo dan sebelah barat dengan Kecamatan Punung. Berbicara kecamatan ini, ingatan kita tak kan pernah terlupa dari proses idelogisasi islam masyarakat dengan Pondok Tremas sebagai pondok islam terbesar di Kabupaten Pacitan.

Secara adiministratif, Kecamatan Arjosari memiliki wilayah administrasi terdiri dari 17 Desa, 104 Dusun 136 RW dan 398 RT dengan jumlah penduduk  pada saat per bulan Juni 2010 sejumlah jiwa, dengan rincian jumlah penduduk Laki – laki adalah 20.029 dan jumlah penduduk Perempuan berjumlah 19.983 Jiwa, dan dihitung darijumlah penduduk yang ada tersebut dengan kepadatan penduduk rata – rata 331 – 484 jiwa/Km.

Batas – batas wilayah Kecamatan Arjosari :

a)       Sebelah Barat                        : Kecamatan Punung

b)       Sebelah Timur                       : Kecamatan Tegalombo

c)       Sebelah Utara                        :Kecamatan Nawangan

d)       Sebelah Selatan     : Kecamatan Pacitan

Pembagian wilayah, Kecamatan Arjosari terdiri dari 17 Desa, yaitu Desa Mlati, Desa Sedayu, Desa Tremas, Desa Arjosari, Desa Gunungsari, Desa Pagutan, Desa Gembong, Desa Borang, Desa Gegeran, Desa Kedungbendo, Desa Mangunharjo, Desa Jetiskidul, Desa Temon, Desa Karanggede, Desa Karangrejo, Desa Gayuhan, dan Desa Jatimalang.

Kecamatan Arjosari memiliki luas wilayah 121,07 Km². Dari luas wilayah Arjosari tersebut, dapat dipetakkan, bahwa sebagian besar berupa perbukitan ±85% yang sangat strategis di fungsikan sebagai lahan pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan juga bisa difungsikan sebagai daerah penyangga tanah dan air serta menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Pacitan pada umumnya dan Kecamatan Arjosari pada khususnya. Beberapa pabrik besar Pacitan juga terletak di kecamatan Arjosari ini, seperti PT Dragonfly, Pabrik di Mangunharjo, dan juga Pabrik Kayu.