Dewan Minta Pemkab Pacitan Serius Perbaiki Jalan Rusak di 12 Kecamatan

oleh -0 Dilihat
Sekretaris Partai Golkar Pacitan Lancur Susanto

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan Lancur Susanto meminta Pemerintah Kabupaten Pacitan serius memperbaiki jalan kabupaten yang rusak. 

Pasalnya, masih banyak titik ruas jalan yang rusak berjtahun-tahun dan sampai sekarang juga diperbaiki. 

“Jalan rusak di kabupaten Pacitan ini harus memerlukan perhatian khusus, seperti di jalur penghubung antar Kecamatan, Desa serta antar Kabupaten  perlu perbaikan,” katanya, Minggu (19/5/2019).

Dia mengatakan kerusakan di jalan tersebut banyak jalan cor yang berlubang dan besinya terlihat. Sementara keseluruhan ruas jalan kabupaten banyak yang rusak parah, akibat bencana alam pada tahun 2017 lalu.

Lancur berharap kerusakan jalan antar Kecamatan ataupun jalan Desa yang kewenangan Pemkab masih banyak jalan yang rusak parah tersebut agar dapat secepatnya diperbaiki setiap tahun. “Caranya dengan menganggarkan dana perbaikan jalan yang mencukupi pada APBD,”ujar dia.

Selama ini, imbuh dia, Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) lebih fokus pada program pembuatan drainase dan perbaikan jalan wilayah kota saja.

Baca juga: Warga Berharap Pemkab Pacitan Perbaiki Jalan Punung-Gondosari yang Rusak Parah

Sedangkan perbaikan diwilayah pedesaan masih banyak jalan rusak yang belum tersentuh perbaikan.”Oleh karena itu kami meminta Bupati Pacitan agar fokus pada perbaikan jalan jalan yang rusak agar perekonimian masyarakat bisa meningkat,”ujarnya. 

Jalan cor rigid beton yang menghubungkan Punung menuju Desa Gondosari selama tiga tahun belakangan ini tak kunjung dibenahi. (Foto: Elsi Budi Cahyono)

Terlebih, masa jabatan bupati hanya tersisa dua tahun ke depan karena akan berakhir pada 2021 mendatang. 

Lancur menambahkan, Pemkab harus ada keberanian mengganggarkan skala prioritas untuk  membangunan dan pemeliharaan jalan kabupaten.

Memang, kata dia, sampai saat ini Jalan kabupaten masih banyak kondisinya baik dalam angka sekitar 61%, akan tetapi kondisi jalan kabupaten di wilayah pedesaan kondisinya sangat memprihatinkan, terutama jalan yg menghubungkan antar kecamatan dan antar kabupaten.

Hal ini sangat dirasakan setiap Tahun masih selalu dikeluhkan masyarakat dgn kondisi rusaknya jalan tersebut.

“Anggaran perlu dicari, baik minta bantuan ke Pemprov maupun dari Pusat. Jika hanya berharap dengan APBD saja tentunya tidak cukup, apalagi saat ini melihat kondisi jalan di wilayah Pacitan khususnya pedesaan benar-benar sangat memprihatinkan,” pungkas politikus Partai Golkar itu.

Sebelumnya, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, karena masih terdapat jalan kabupaten yang memang kondisinya belum baik atau rusak dan belum tertangani.“Jadi, jalan-jalan ( kabupaten ) yang memang belum ditangani pemeliharaannya, saya mohon maaf kepada masyarakat,” ujar Bupati.

Indartato juga berharapan, semua jalan kabupaten bisa di aspal dengan baik atau ada pemeliharaan. Akan tetapi karena terbatasnya anggaran yang dimiliki, sehingga pemeliharaan jalan tersebut dilakukan secara bertahap.

“Yang jelas ingin saya itu segera semua diaspal, tapi karena kemampuan anggaran yang kita punyai, sehingga secara bertahap. Bagaimana caranya lubang-lubang ini bisa kita benahi. Mudah-mudahan apa yang telah diprogamkan segera terealisasi. Dana-dana ini kan belum ditender sebagian, sehingga masalah yang kita hadapi adalah itu,” ungkapnya.

Indartato menambahkan, sebenarnya Pemkab Pacitan telah berupaya semaksimal mungkin, bagaimana caranya jalan-jalan di poros kabupaten tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat Pacitan khususnya.

“Tapi kendala yang kita hadapi dana yang tersedia terbatas, sehingga ada skala prioritas. Hanya masalahnya kadang-kadang cuma terlalu lama juga menanti, jadi kalau rakyat menghendaki segera diaspal adalah hal yang wajar, karena tugas pemerintah melayani masyarakat,” imbuhnya, tanpa menyebut jumlah besaran anggaran.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono