Donorojo

oleh Sebar Tweet

Kecamatan Donorojo merupakan kecamatan yang berada di paling Barat Pacitan. Kecamatan Donorojo yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah. Secara geografis wilayah Kecamatan Donorojo merupakan daerah perbukitan, dengan batas wilayah :

a)       Sebelah Utara                        : Kecamatan Giriwoyo dan Kecamatan Karang Tengah

b)       Sebelah Timur                       : Kecamatan Punung dan Kecamatan Pringkuku.

c)       Sebelah Barat                        : Samudera Indonesia.

d)       Sebelah Selatan     : Kecamatan Giritontro Kab. Wonogiri.

Luas wilayah Kecamatan Donorojo 11.008,7 ha. dengan jumlah penduduk 40.368 Jiwa, yang terdiri dari penduduk laki – laki 19.584 jiwa, dan penduduk permpuan sejumlah 20.784 jiwa. Sedangkan secara administratif, kecamatan Donorojo terdiri dari 12 Desa, yaitu :Desa Widoro, Desa Sawahan, Desa Kalak, Desa Sendang, Desa Klepu, Desa Gedompol, Desa Cemeng, Desa Gendaran, Desa Sukodono, Desa Sekar, Desa Donorojo, dan Desa Belah.

Peta potensi kecamatan Donorojo tak lepas dari beberapa potensi wisata didalamnya, seperti Obyek Wisata Pantai Klayar yang berada di Desa Sendang, Wisata Pantai Buyutan dan Pantai Banyutibo Yang berada di Desa Widoro, dan juga Wisata Goa Kalak yang berada di Desa Kalak. Selain itu, potensi budaya seperti Upacara Ceprotan dan Wayang beber juga berasal dari daerah yang masuk kawasan Karst ini. Masih ada lagi potensi kerajinan khas, yaitu kerajinan Batu Akik Donorojo.