Pacitan 0 Km Semakin Menarik, Saatnya Bertualang dari Titik Paling Tengah di Kampung Halaman SBY

oleh -1.702 views
Tugu baru Pacitan 0 Km yang lebih berwarna. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)
Tugu baru Pacitan 0 Km yang lebih berwarna. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyak orang bingung saat ditanya titik nol Pacitan. Letak titik nol kilometer berada di depan seberang tugu pancasila di alun-alun bagian selatan, atau terletak di Jalan Ahmad Yani Pacitan, atau di depan persis Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Pacitan.

Pemkab setempat akhirnya kembali membangun papan tulisan “Pacitan 0 Km” tersebut. Tugu Kilometer Nol Pacitan kini semakin menarik tampilannya. Semakin pantas dijadikan tempat berfoto sebagai kenang-kenangan tanda sudah pernah sampai ke titik paling tengah di Kabupaten Pacitan. Tugu Pacitan 0 Km ini jika ditarik garis lurus sejajar dengan Pendopo Kabupaten Pacitan.

Sebelum dibuat menarik dan lebih mencolok, tugu Pacitan 0 Km ini sendiri awalnya hanya sebuah papan tanda dari “pathok” bertuliskan 0 Km. Di depan tulisan Pacitan 0 Km, dulu membentang jalan di tengah alun-alun yang menuju ke kantor pusat Pemerintah Kabupaten Pacitan. Tepat di seberang titik 0 Km tersebut, ada tugu pancasila yang juga mengalami pembaruan

Titik Pacitan 0 Km sebelum dipugar Pemkab. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)




Berubahnya penampilan tugu tersebut setelah Pemkab Pacitan menambah tulisan Pacitan 0 Km secara mencolok dengan kombinasi warna merah, putih dan kuning. Sementara tugu awal Pacitan 0 Km tetap ada. Tulisan “0” pada rangkaian “Pacitan 0 Km” dibuat mencolok besar dengan warna merah. Di depan tulisan tersebut, Pemkab menambahkan taman mini yang menambah keindahan titik Pacitan 0 Km.

Sebagai infromasi, kawasan di sekitar titik nol kilometer ini merupakan kawasan yang cukup menyejarah yang menegaskan pusat pemerintahan di Pacitan. Di kiri-kanan, ada bangunan yang merupakan usat pemerintahan, seperti Pendopo Kabupaten, Alun-alun Pacitan, dan sekolah.

Pacitan 0 Km saat malam hari. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pada malam hari, sepanjang trotoar sekitar perempatan Jalan Jendral Ahmad Yani tersebut menjadi tempat nongkrong menghabiskan malam. Banyak komunitas juga berkumpul untuk mencari inspirasi dan menyalurkan bakat dengan berekspresi. Pacitan 0 Km ini juga bisa dijadikan obyek foto Anda. Dengan warna mencolok merah putih, saat malam hari Pacitan 0 Km ini terlihat bersinar.

Silahkan berkunjung dan menikmati bertualang dari titik paling tengah di kampung halaman SBY ini. Namun jangan lupa, tetap jaga kebersihan, rawat keindahan kota Pacitan. Buang sampah pada tempatnya, dan jangan corat-coret Pacitan 0 Km. Mari kita rawat keindahan Pacitan.