Pemprov Jatim Apresiasi Manajemen Lalu Lintas Mudik Lebaran 2017

oleh -511 views
Pasar Tumpah Tegalombomenjadi salah satu titik rawan mudik Lebaran. (Foto: Dok.Pacitanku)
Pasar Tumpah Tegalombomenjadi salah satu titik rawan mudik Lebaran. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengapresiasi manajamen lalu lintas arus mudik Lebaran 2017 yang dilakukan petugas keamanan sehingga berjalan aman dan lancar.

“Kami sangat apresiasi terhadap manajemen lalu lintas yang dilakukan polisi dibantu petugas gabungan lainnya selama arus mudik hingga hari ‘H’ Lebaran tahun ini,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin.

Menurut dia, langkah dan upaya petugas yang telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan arus mudik terbukti mampu mengatasi kepadatan maupun kemacetan yang biasanya terjadi dalam waktu cukup lama.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengakui memang masih ditemukan kepadatan di sejumlah titik rawan di beberapa wilayah di Jatim, namun tidak seperti yang dikhawatirkan selama ini.

“Ada beberapa titik yang padat, tapi Alhamdulillah mampu diatasi dan berlangsung tidak lama seperti dulu-dulu. Persiapan yang matang dan manajamen tepat terbukti sangat pas,” ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.




Mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut berharap pada arus balik nantinya pemudik tetap waspada dan berhati-hati di jalan karena berdasarkan data kecelakaan lebih banyak terjadi saat balik.

“Semoga tidak ada kecelakaan berarti, bahkan nihil insiden. Patuhi rambu lalu lintas dan ikuti arahan petugas di jalan,” ucapnya, berharap.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan secara umum arus lalu lintas pada mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar.

“Alhamdulillah kondisi di Jawa Timur aman dan terkendali. Arus lalu lintas dari arah timur ke barat semuanya lancar, bahkan cenderung sepi. Demikian juga dari arah barat ke timur,” kata jenderal polisi bintang dua tersebut. (RAPP002/Ant)