Gowes di Pacitan, Khofifah Kunjungi Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani

oleh -13191 views
Ke Museum. Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat berdialog dengan salah satu pekerja di museumSBY dan galeri seni Ani pada Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar kegiatan gowes bersama sejumlah tokoh di sela kunjungannya ke Pacitan pada Ahad (18/10/2020).

Salah satu rute gowes yang menjadi tempat jujugan Khofifah adalah Museum dan Galeri Seni SBY-Ani yang terletak di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Pacitan di Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan pada Ahad pagi.

Di lokasi tersebut, gubernur melihat progres pembangunan museum yang diprakarsai oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Ini adalah kunjungan kedua Khofifah ke proyek monumental tersebut setelah dirinya juga hadir dalam groundbreaking pembangunan pada Sabtu (22/2/2020) lalu.

Khofifah didampingi Indartato dan Sartono saat berada di museum dan galeri seni SBY-ANI, Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Gubernur Khofifah gowes ditemani sejumlah pejabat instansi vertikal seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Jatim, Kanwil BPN, BPJS Ketenagakerjaan dan Bulog, Sekda Jatim,dan pejabat lainnya.

Saat berada di museum SBY-Ani, Khofifah yang didampingi Bupati Pacitan Indartato, Ketua TP PKK Kabupaten Luki Tribaskorowati Indartato, anggota DPR RI Sartono Hutomo juga menyempatkan diri berdialog dengan para pekerja yang mengerjakan megaproyek tersebut.

Khofifah optimistis museum itu akan menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tinggi bagi wisatawan yang dampaknya akan mengungkit ekonomi Pacitan.

“Menurut kordinator pembangunan, museum ini ditarget akan rampung Maret 2021. Kita tentu berterima kasih pada Bapak SBY sebagai Presiden ke-6 RI memilih Pacitan untuk mendirikan museum SBY dan galeri seni Ani,”ujar Khofifah.

Untuk diketahui, museum yang kini pembangunannya masih dalam proses tersebut bentuknya sekilas mirip Capitol Hill di Amerika Serikat.

Musem SBY-Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.

Usai meninjau progres museum dan galeri seni SBY-Ani, Khofifah kemudan melanjutkan gowes ke Kawasan PLUT Pacitan dan menuju ke Pendopo Kabupaten Pacitan. Khofifah juga berkunjung ke Sungai Maron dan Pantai Ngiroboyo sebelum bertolak ke Kota Surabaya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Sehari ke Pacitan, Khofifah Gowes, Bagi Masker, Bagi Sembako dan ke Museum SBY-Ani