Cerita Indartato yang Ditelepon SBY Sebelum Kunjungan Gubernur Khofifah ke Pacitan

oleh -13203 views
Ke Museum. Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat berdialog dengan salah satu pekerja di museumSBY dan galeri seni Ani pada Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Bupati Pacitan Indartato menceritakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menelepon dirinya sehari sebelum kunjungan Gubernur Khofifah Indar Parawansa ke Pacitan.

“Yang terakhir, yang membanggakan bahwa museum mudah-mudahan Ibu (Khofifah) kesni lagi dalam rangka meresmikan (museum), kemarin bapak SBY telepon, mengucapkan terimakasih kepada Ibu atas kunjungannya ke museum,”kata Indartato saat memberikan sambutannya Ahad (18/10/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Selain mengucapkan terimakasih atas kunjungan ke museum, Indartato mengatakan SBY juga mengucapkan terimakasih atas bantuan Khofifah untuk memperlancar pembangunan museum tersebut.

“Pak SBY juga terimakasih atas bantauannya untuk memperlancar jalannya museum,”ujar Indartato.

Saat berkunjung ke lokasi poyek pembangunan museum dengan luas 7.500 meter persegi itu, gubernur melihat progres pembangunan museum yang diprakarsai oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Ini adalah kunjungan kedua Khofifah ke proyek monumental tersebut setelah dirinya juga hadir dalam groundbreaking pembangunan pada Sabtu (22/2/2020) lalu.

Saat berada di museum SBY-Ani, Khofifah yang didampingi Bupati Pacitan Indartato, Ketua TP PKK Kabupaten Luki Tribaskorowati Indartato, anggota DPR RI Sartono Hutomo juga menyempatkan diri berdialog dengan para pekerja yang mengerjakan megaproyek tersebut.

Khofifah optimistis museum itu akan menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tinggi bagi wisatawan yang dampaknya akan mengungkit ekonomi Pacitan.

“Menurut kordinator pembangunan, museum ini ditarget akan rampung Maret 2021. Kita tentu berterima kasih pada Bapak SBY sebagai Presiden ke-6 RI memilih Pacitan untuk mendirikan museum SBY dan galeri seni Ani,”ujar Khofifah.

Untuk diketahui, museum yang kini pembangunannya masih dalam proses tersebut bentuknya sekilas mirip Capitol Hill di Amerika Serikat.

Musem SBY-Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Bertemu Khofifah, Bupati Indartato Sampaikan Persoalan Kemiskinan, IPM Hingga Corona