Ini Pesan Khofifah untuk Masyarakat Pacitan Hadapi Pilbup Ditengah Pandemi

oleh -1358 views
Gubernur Khofifah saat berkunjung ke Pacitan, Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan untuk masyarakat Pacitan jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) serentak 2020 pada Rabu (9/12/2020) mendatang. Hal itu disampaikan oleh Khofifah saat berkunjung ke Pacitan, Ahad (18/10/2020).

“Tentu tanggal 9 Desember nanti, Pacitan sebagai salah satu kabupaten yang menyelenggarakan Pilbup, maka kita beriringan agar masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya, dan tetap menjaga protokol kesehatan,”kata Khofifah.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyampaikan protokol kesehatan tersebut adalah 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Saya mengimbau tetap terapkan 3 M,”tandasnya.

Sebagai informasi, terkait Pilbup di masa pandemi COVID-19 sendiri, KPU telah menyiapkan sejumlah strategi agar hak pilih tersalurkan, namun kesehatan tetap terjaga.

Tercatat, dari total 466.441 daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU, pihak KPU akan melakukan strategi untuk menyukseskan Pilkada ditengah pandemi.

Diantaranya menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), dari yang awalnya 800 pemilih per TPS,dikurangi menjadi 500 per TPS, sehingga ada penambahan jumlah TPS, dari 1070 menjadi 1299 TPS.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini, beberapa waktu lalu mengungkapkan di dalam TPS nanti, pihaknya memastikan berjalannya pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Di TPS kita terapkan protokol kesehatan, dengan pengecekan suhu tubuh, kita sediakan sarung tangan, untuk seluruh TPS juga dilakukan disinfeksi, kemudian kita hindarkan kontak langsung antara penyelenggara dan pemilih, sehingga bisa kita membutuhkan TPS yang lebih luas dari biasanya,”kata Rini.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan