Antisipasi COVID-19, Pacitan Gelar Kerja Bakti di MADF

oleh -13466 views
Pacitan menggelar aksi kerja bakti di kawasan Masjid Agung Darul Falah (MADF)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bersama sejumlah elemen menggelar aksi kerja bakti di kawasan Masjid Agung Darul Falah (MADF), Ahad (15/3/2020) di jalan Teuku Imam Bonjol, Krajan, Pacitan.

Wabup Pacitan Yudi Sumbogo dalam sambutannya menyampaikan kegiatan kerja bakti bersih-bersih ini adalah bertujuan untuk mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang sudah banyak menyerang penduduk Indonesia.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini Kabupaten Pacitan bisa terhindar dari COVID-19 dan masyarakat harus selalu waspada terhadap COVID-19 tersebut,”katanya.

Senada dengan Wabup, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih ini supaya dimaksimalkan sehingga bisa terhindar dari COVID-19 karena masjid ini merupakan tempat umum yang bayak dikunjungi orang.

“Supaya apa yang di sampaikan Wakil Bupati Pacitan dilaksanakan dan dikerjakan dan kita harus selalu menjaga kebersihan di lingkungan kita masing-masing,”ujarnya.

Sementara, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto mengatakan masjid ini adalah merupakan tempat ibadah bagi umum semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mencegah penyebaran COVID-19.

Selain itu, Didik juga menyinggung adanya masyarakat Pacitan yang diduga terjangkit COVID-19. Hal itu, kata Didik, belum positif dan sampai sekarang masih dirawat di RSUD Iskak Tulungagung.

“Sambil menunggu hasil laboraturium dan pasien juga masih dalam pengawasan,”tandasnya.

Untuk itu, Didik mengimbau masyarakat Pacitan tidak panik menghadapi COVID-19 namun wajib waspada terhadap COVID-19 sehingga tidak terkena virus tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan Letkol Inf  Nuri Wahyudi.

Kemudian hadir juga Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Didik Hariyanto,  Staf Ahli Bupati Sugeng Widodo, Assisten Perkenomian dan pembangunan Setda Kab. Pacitan Yunus Hariyadi, Kepala Dinas Perhubungan Pacitan  Wasi Prayitno.

Selanjutnya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo, Wakapolres Pacitan Kompol Sunardi, Kabag Humas Protokol Pemda Pacitan Herman Budi Utomo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Pacitan Ratna Susy Rahayu, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol-PP Pacitan Samsul Hadi.

Hadir juga anggota Kodim 0801/ Pacitan, anggota Polres Pacitan, Dinas Lingkungan hidup (LH) Pacitan,  Kemenag Pacitan, PMI Pacitan dan Senkom mitra Polri.

Sejumlah kegiatan dilakukan membersihkan masjid terbesar di Pacitan tersebut, diantaranya membersihkan lantai, mengepel, mengelap hingga menyapu kotoran masjid.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan