Langkah Tanggap Darurat Bencana Segera Dilakukan di 4 Titik Terdampak di Pacitan

oleh -13201 views
Tim BBWS Bengawan Solo saat mengecek erosi sungai di Ngawen, Semanten. (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Penanganan kawasan terdampak bencana di Pacitan yang masih menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo (BS), mulai ada titik terang.

Kepala Dinas PUPR Pacitan, Edi Junan Achmadi mengatakan, saat ini sudah ada action lapangan. Bahkan belum lama ini sudah dimulai mobilisasi alat berat ke kawasan terdampak bencana.

Edi Junan Achmadi. (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Yang pertama akan dilaksanakan di Dusun Ngawen Desa Semanten. Sebab kawasan tersebut dinilai sangat membahayakan dan mengancam keselamatan nyawa puluhan warga,” kata Edi Junan melalui ponselnya, Ahad (15/3/2020).

Ditanya soal hasil verifikasi detil penanggulangan kedaruratan, dia mengatakan, besar kemungkinan sudah ada persetujuan dari pusat.

“Sebab tidak mungkin kalau belum ada verifikasi sudah dilaksanakan mobilisasi alat berat. Mungkin tak lama lagi sudah dilaksanakan pembangunan konstruksinya,” jelasnya.

Menurut Junan, sumber anggaran berasal dari dana kedaruratan pusat.

“Dari ke-empat titik yang diusulkan, yaitu Semanten, Gunungsari, Borang dan Arjowinangun, akan dilaksanakan tahun anggaran ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas PUPR Pacitan, Yudo Trikuncoro, yang saat itu ikut mendampingi Tim BBWS saat survei lokasi mobilisasi alat berat, menambahkan, bahwa masyarakat sangat terbuka seandainya pekarangannya dilalui beberapa peralatan.

Bahkan ada beberapa pohon milik warga, yang harus dirobohkan untuk mempermudah masuknya peralatan berat.

“Mereka menyepakati dengan melakukan musyawarah dusun,” ujarnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan