Dinkes Pacitan Pastikan Ketersediaan Obat-Obatan Cukup Hingga Tiga Bulan Kedepan

oleh -13225 views
Plt Kepala Dinas Kesehatan T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan memastikan ketersediaan obat-obatan di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Pacitan masih cukup untuk penanganan pasien hingga tiga bulan ke depan.

Hal tersebut seperti disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, Ahad (15/3/2020).

Menurut Hendra, normatifnya ketersediaan obat itu terhitung selama tiga bulan. “Kecuali pada kondisi tertentu atau darurat, baru pengadaan akan lebih dipercepat,” terangnya.

Sementara itu, terkait alokasi anggaran penanggulangan serangan coronavirus disease 2019 (covid-19), Hendra menyadari bila selama ini masih bersifat talangan.

Seperti yang terjadi pada pasien dalam pengawasan (PDP) yang kemarin di rujuk ke RSUD dr Iskak, Tulungagung, semua dibiayai pemerintah.

“Kami kan hanya penanganan observasi. Selebihnya akan diserahkan ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk,”tandas Hendra.

Namun begitu, kedepan pemkab tentu akan segera mengambil sikap kedaruratan terkait pengalokasian anggaran untuk penanggulangan covid-19.

“Kita kan ada biaya tak terduga (BTT). Mungkin pos anggaran itu yang akan dipergunakan, sepanjang ada penetapan darurat. Lagian sistemnya nanti kan klaim. Semua ditanggung pemerintah pusat,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan