Besok, Wabup Pacitan Gelar Rakor Pembentukan Gugus Tugas COVID-19

oleh -136 views
Wakil Bupati Yudi Sumbogo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan segera membentuk gugus tugas penanggulangan coronavirus disease 2019 (COVID-19). Untuk melakukan hal itu, Wakil Bupati Pacitan berencana menggelar rapat koordinasi pada Senin (16/3/2020).

“Besok (Senin, red) kita akan menggelar rapat koordinasi dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) guna mempersiapkan pembentukan gugus tugas penanggulangan coronavirus,” kata Wabup Yudi, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (15/3).

Wabup juga menyatakan, kalau sampai saat ini surat edaran dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, terkait petunjuk teknis pembentukan gugus tugas juga belum turun.

“Kami juga masih menunggu surat dari gubernur. Namun besok kita tetap akan menggelar rapat koordinasi menyikapi rencana pembentukan gugus tugas tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro menambahkan, memang pembentukan gugus tugas itu dilaksanakan secara hierarki. Baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Heru juga membenarkan kalau sampai detik ini surat gubernur belum terbit.

“Besok akan kita koordinasikan dengan Pak Wabup (Yudi Sumbogo, Red) bagaimana langkah pembentukan gugus tugas penanggulangan COVID-19 tersebut,” tandasnya.

Pemerintah sendiri telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional non alam. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, hingga Sabtu (14/3/2020), total orang yang sudah diperiksa berjumlah  1.205 orang. Dari data tersebut 1.109 dinyatakan negatif COVID-19.

Sementara 96 orang positif terjangkiti COVID-19. Dari total 96 tersebut, 83 warga masih dirawat, 8 dinyatakan sembuh dan 5 diantaranya meninggal dunia.

Saat ini Indonesia sendiri melesat diperingkat ke 29 dari 120 negara di dunia yang terpapar covid-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan