PAD Sektor Pariwisata di Pacitan Turun Drastis di Masa Pandemi

oleh -Dibaca 501 kali
Pantai Klayar Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan mengalami penurunan drastis di masa pandemi COVID-19.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat menjadi narasumber dalam kegiatan webinar nasional yang diselenggarakan oleh program studi (Prodi) Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hang Tuah Surabaya, pada Selasa (3/8/2021) secara daring.

“Di tahun 2018 kami mendapatkan PAD sebesar Rp9,8 miliar, kemudian di 2019 itu naik menjadi Rp13 miliar. Dan di tahun 2020 seperti kita ketahui bersama semuanya turun, jadi pada saat itu kami mendapatkan PAD dari sektor pariwisata sebesar Rp5,2 miliar,”kata Bupati yang akrab disapa Aji ini.

Selanjutnya, kata Bupati, di tahun 2021 ini juga belum mengalami kenaikan seiring adanya pembatasan-pembatasan dalam upaya penanganan pandemi.

“Dan saat ini di 2021 dengan posisi pada saat ini, kita mendapatkan PAD sebesar Rp3,6 miliar, nah, itu yang bisa kita ukur secara angka,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Pacitan kembali menutup tempat wisata di Pacitan seiring adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Sabtu (3/7/2021) lalu.

Pada tahun lalu, kebijakan penutupan tempat wisata juga sempat dilakukan selama kurang lebih 5 bulan, terhitung sejak Maret sampai Juli 2020.

Lalu setelah itu berangsur-angsur obyek wisata dibuka bertahap mulai tahap simulasi, uji coba hingga pembukaan.

Namun seiring adanya kasus COVID-19 yang meningkat, Pemkab Pacitan kembali menutup tempat wisata, baik yang dikelola Pemkab, desa dan swasta sejak Sabtu (3/7/2021) lalu. (red/DP)

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan