Dua Dasawarsa Sepuh Emas di Pacitan, Tergerus Kemajuan Zaman

oleh -284 Dilihat
Penyepuh emas di Pacitan, Pramono yang masih membuka lapak di sekitaran Kelurahan Baleharjo Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Trend emas sebagai salah satu barang mewah dan investasi yang menjanjikan di awal tahun 90-an kini mulai tergerus.

Munculnya bentuk investasi baru seperti saham, reksadana, bitcoin, dan tabungan digital semakin menurunkan stigma investasi emas di masyarakat.

Hal tersebut tentunya berdapak pula pada usaha turunannya. Salah satunya, penyepuh emas di Pacitan Pramono yang masih membuka lapak di sekitaran Kelurahan Baleharjo Pacitan.

“Saya mulai tahun 85-an mas (wartawan) buka sepuh emas di sini. Dulu, di gang ini ada banyak sepuh lapak, kini tinggal dua itupun bergantian bukanya,”katanya, Senin (29/4/2024).

Pramono juga menceritakan jika dulu di awal tahun 2000an perhari 10-20 orang datang, kini per hari rata rata hanya 5-7 orang yang datang. “Tahun 2000an itu mau cari 10 orang per hari ada mas, kalu sekarang ya ada lima orang saja sudah Syukur,”kata dia.

Pramono menjelaskan jika emas memang bukan primadona lagi untuk berinvestasi maupun menabung, semua sudah terkalahkan dengan lainnya.

“Ya bisa jadi banyak sebab, salah satunya pada pindah ke HP” pungkasnya.