Keunikan Pantai Banyu Tibo Menurut Kepala Disparpora Pacitan

oleh -3 Dilihat
Cekungan pantai Banyutibo yang indah. (Foto : Dok.Pacitanku)
Tempat wisata Pacitan, cekungan pantai Banyutibo yang indah. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus getol mempromosikan berbagai obyek wisata yang berada di kampung halaman Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), salah satunya melalui social media. Seperti yang giat dilakukan oleh Bupati Pacitan bersama jajarannya, salah satunya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan.

Melalui akun facebooknya yang dilihat Pacitanku.com pada Rabu (12/4/2017), Kadisparpora Endang Surjasri tak ketinggalan turut mempromosikan salah satu destinasi wisata di Pacitan, yakni Pantai Banyu Tibo. Di pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini, Endang bersemangat menjelaskan detil keunikan dari pantai yang bersebelahan dengan Pantai Buyutan ini.

“Saya sekarang ada di lokasi obyek wisata Pantai Banyu Tibo Kabupaten Pacitan, salah satu destinasi wisata yang sangat indah sekali di Kabupaten Pacitan. Berada di ujung sebelah barat Kabupaten Pacitan, ombaknya sangat besar,”katanya.

Menurut Endang, Pantai Banyu Tibo memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai lain di Pacitan, yakni keberadaan air terjun yang berada di tepi pantai.

“Ada satu keunikan di pantai ini, bahwasanya di Pantai ini namanya Pantai Banyu Tibo, karena apa, ada salah satu sungai yang muaranya langsung ke pantai sehingga bertemu dengan ombak-ombak besar. Inilah yang dikatakan banyu tibo, yang seperti layaknya Air terjun berasal dari muaranya bertemu langsung ke pantai,”jelas eks Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Pacitan ini.

Di akhir videonya, Endang yang juga merupakan mantan Camat Tegalombo ini mengajak kepada seluruh netizen untuk mengunjungi Pantai Banyu Tibo. “Ini adalah perpaduan ciptaan Allah yang sangat luar biasa, Anda harus kesini, obyek wisata Pantai Banyu Tibo, Kabupaten Pacitan. Saya tunggu kedatangan Anda ke Pacitan,”tutupnya.

Sebagaimana diketahui, keistimewaan pantai ini karena menyuguhkan pemandangan yang unik dan indah yaitu Air Terjun yang langsung turun ke laut Pantai Banyu Tibo. Untuk mengetahui Air Terjun ini berada di bibir pantai, bibir pantainya berbentuk tebing sehingga air yang berasal dari sungai dapat turun langsung menuju dataran rendah di laut. Air ini tidak kering sekalipun musim kemarau tiba.

penunjuk arah pantai Banyutibo. (Foto : Dok.Pacitanku)

Nah, jika Anda ingin menuju ke pantai ini, rute bisa dilalui dengan menuju ke Kecamatan Punung terlebih dahulu. Setelah sampai di Kecamatan Punung Anda bisa melaju kea rah perempatan kalak (yaitu arah Goa Gong). Setelah sampai di perempatan Kalak Anda dapat mengambil arah kiri, dan itu merupakan satu jalur ke arah Klayar.

Kemudian, setelah 50 meter Anda akan ketemu dengan pertigaan. Setelah di pertigaan Anda mengambil arah kanan dengan tujuan Pantai Buyutan serta Pantai Banyu Tibo. Selepas itu Anda tinggal mengikuti jalan ber aspal hingga ketemu pertigaan lagi dan Anda mengambil arah kiri dengan jalanan berbeton. Itu sudah hampir sampai Pantai Banyu Tibo tiinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Banyu Tibo.

Selamat menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo. (RAPP002)