Diterjang Gelombang Tinggi, Pengunjung OW di Pacitan Turun Drastis

oleh -386 views
Warung milik warga di Pantai Klayar hancur diterjang gelombang pasang.

Pacitanku.com, PACITAN – Gelombang tinggi yang menerjang kawasan pesisir Pacitan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan pengunjung obyek wisata mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan kerusakan yang terjadi di beberapa obyek wisata pantai di Pacitan.

Kerusakan fasilitas wisata salah satunya terlihat di jogging track di objek wisata Pantai Watukarung yang terendam air laut. Juga gardu pandang di Pantai Klayar dan Srau yang baru setahun selesai dibangun rusak diterjang ombak. ‘’Di Pantai Klayar ada sekitar enam gardu pandang yang rusak,’’ ungkap Sarno Utomo, Kasi Usaha Jasa dan Prasarana Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, kemarin.

Untuk mengurangi kerugiaan materiil semakin bertambah,  pihaknya berencana memasang bronjong. Hanya saja, bronjong yang sedianya dipasang kemarin tertunda lantaran ombak masih tinggi.  ‘’Sebenarnya kami sudah berencana menyiapkan back hoe untuk memasang bronjong dari batu di sekitar Pantai Klayar. Tapi karena omba masih besar kita tunda,’’ terangnya.

Gelombang tinggi  di perairan Pacitan membuat sektor pariwisata terpukul. Bukan hanya di Pantai Klayar saja. Mulai dari Pantai Soge, Pidakan, Teleng Ria, Srau hingga Banyu Tibo juga terkena dampak gelombang laut pasang.




Sarno mengakui, sejak terjadi gelombang tinggi jumlah kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata pantai menurun drastis.  ‘’Ada penurunan pengunjung sekitar 50 persen. Otomatis pendapatan dari retribusi juga turun,’’ ujarnya.

Perekonomian warga di kawasan objek wisata otomatis juga terdampak. Warung dan lapak pedagang di tepi pantai nyaris tidak ada yang buka. Bahkan sejumlah lapak rusak diterjang ombak.

Sementara sejumlah warung yang berada di sekitar Pantai Klayar terendam banjir rob akibat laut pasang. ‘’Kami juga belum mencabut larangan agar pengunjung tidak beraktivitas di bibir pantai. Karena ombak laut masih tinggi,’’ pungkasnya.

Sebagai informasi, Pacitan memang menjadi satu di antara kabupaten di Jatim yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Ada sekitar 74 pantai yang berada di Pacitan dan sebagian sudah menjadi destinasi andalan pariwisata Pacitan. (her/yup/jprm)

Sumber: Radar Madiun