Dipinjami Dana Rp 2,2 T, Proyek JLS Jatim dari Pacitan Sampai Banyuwangi Berlanjut

oleh -763 views
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman

Pacitanku.com, SURABAYA – Proyek pembangunan jalur lintas selatan (JLS) masih belum rampung. Rencananya, pemerintah akan mendapatkan kucuran pinjaman dari Islamic Development Bank (IDB) senilai sekitar Rp 2,2 triliun, untuk pembangunan JLS yang daerah seperti Blitar dan Lumajang.

“IDB akan memberikan pinjaman lunak ke pemerintah pusat untuk mendanai proyek JLS. Ini masih dibicarakan, masih belum ada keputusan,” kata Soekarwo, Jumat (10/6/2016) kemarin di Surabaya.

Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo ini menerangkan, jalan JLS yang sudah terbangun yakni di Kabupaten Pacitan dan Malang dengan memiliki lebar sekitar 9-12 meter. Rencananya ada 20 pembangunan proyek jalan JLS yang melintasi ddari Kabupaten Pacitan hingga daerah di ujung pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi sepanjang sekitar 673,872 kilometer (KM).

Dengan perincian lebar jalan 9-12 meter, membutuhkan anggaran sekitar Rp 5,5 triliun. Rencana pinjaman Rp 2,2 triliun itu akan digunakan untuk pengerasan dan pelebaran JLS yang belum tersambung di wilayah Lumajang, Blitar dan beberapa daerah di lintas selatan.


“Ya kalau terealisasi (dana pinjaman lunak dari IDB), untuk pengerasan dan pelebaran jalan, supaya tersambung, nantinya akan dibangun jalan dengan lebar antara 6-7 meter saja. Yang penting, bisa tersambung dulu,” tandasnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi mengatakan alokasi anggaran itu berdasarkan rapat yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Balai Besar Jalan, DPU Bina Marga Provinsi dan Bappeda Provinsi, pada 3 Juni 2016.

Delapan kabupaten yang dilalui JLS di Jawa Timur adalah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi sepanjang 618,80 kilometer. (RAPP002)