Diterjang Banjir dan Longsor, Rumah 4 Warga Jebol dan Jembatan Antar Dusun Putus

oleh -101.275 views

Pacitanku.com, ARJOSARI – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Arjosari, Pacitan pada sabtu siang hingga sore (11/6/2016) menyebabkan bencana alam banjir dan longsor terjadi di kawasan Desa Temon, Kecamatan Arjosari.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan, derasnya aliran air dan banjir di Dusun Drona Desa Temon menyebabkan jembatan penghubung putus total.

longso 2Kronologi terjadinya bencana alam tersebut bermula pada pukul 13.30 hingga 15.00 WIB, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Arjosari. Kemudian pada Sabtu pukul 16.00 hingga pukul 17.00 WIB terjadi bencana longsor yang menimapa beberapa rumah.


Adapun, jembatan putus ini adalah jembatan akses dusun yang menghubungkan dusun Krajan Lor dan Dusun Gunung Agung di Desa Temon, Arjosari. Akibat banjir, sebuah jembatan rumah pribadi di RT/RW 04/VIII Dusun Krajan Lor, Desa Temon juga mengalami putus total.

longsor4Masih di wilayah yang sama, selain banjir, bencana tanah longsor menimpa Seri (45), warga Dusun Semen RT/RW 01/III, Desa Gondang Kecamatan Nawangan. Dinding rumah bagian belakang Seri jebol dengan lebar 4 meter  dan kandang ternak roboh  terpimpa material longsoran dari atas rumah setinggi 5 meter dan lebar 6 meter. Atas kejaian ini, kerugian Seri ditaksir mencapai Rp 5 juta.

Selain Seri, rumah milik tiga warga lainnya, masing masing Seni (50) warga Dusun Tenggar, RT/RW 02/IV Desa Temon pada sabtu sore sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat terjadi tanah longsor, material berupa tanah dan batuan longsor menjebol dinding rumah pria yang bermata pencaharian sebagai petani ini. Rumah Seri mengalami jebol di bagian tembok samping kanan dengan kerugian material ditaksir mencapai Rp 6 juta.

longsor5Korban ketiga adalah Bejo (45) warga Dusun Tenggar  RT/RW 03/V, Desa Temon, Kecamatan Ajosari dan  menimpa dapur yang terbuat dari papan sehingga mengakibatkan jebol tertimpa meterial longsoran dari tebing di atas rumah. Adapun kerugian ditaksir sekitar Rp 4 juta.

Korban keempat adalah Giyem (70) warga Dusun Tenggar RT/RW 03/V Desa Temon. Rumah milik Giyem jebol dibagian dapur karena tertimpa material longsoran dari tebing yang berada di atas rumah dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 4 juta.




longsor 3Sehingga, total kerugian materi empat rumah korban terdampak longsor tersebuta dalah Rp 19 juta. Tanah longsor di kawasan Desa Temon pada sabtu sore tersebut juga menyebabkan jalur Pacitan-Nawangan di dekat Kantor Desa Temon, Kecamatan Arjosari tertutup dan sempat menyebabkan kemacetan.

Usai hujan, warga setempat segera melakukan pembersihan darurat di jalur utama yang menghubungkan Pacitan menuju Kecamatan Nawangan tersebut. Namun, saat ini proses evakuasi dihentikan sementara  rencana akan dilanjutkan pada Minggu (12/6/2016) pagi WIB. (RAPP002)