Perlu Fasilitas yang Memadai dan Kesadaran untuk Menjaga Kebersihan Pantai Klayar

oleh -133.060 views
Pengunjung membuang sampah tidak ditempat sampah karena tempat sampah sudah penuh

Pacitanku.com, DONOROJO – Semakin hari, panorama dan keindahan Pantai Klayar semakin elok dan cantik. Selain fasilitas yang terus bertambah, seperti taman dan kompleks pujasera yang semakin lengkap, akses jalan menuju ke Pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten ini juga semakin lebar. Hal itu berdampak semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Pantai Klayar.

Namun demikian, semakin banyaknya pengunjung, menjadikan Pantai Klayar perlu ditata ulang penataan kelestariannya, terutama terkait kebersihan. Berdasarkan pantauan Pacitanku.com, Minggu (7/2/2016), banyak sampah berceceran di sepanjang pantai, terutama di kawasan dekat parkir dan kompleks pujasera.

klayarPemandangan terlihat kumuh kala beberapa tempat sampah dengan ukuran kecil dan sedang sudah penuh dengan sampah, sehingga beberapa pengunjung terlihat membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Sebenarnya permasalahan minimnya tempat sampah tersebut sudah kami sampaikan ke pihak berwenang, agar ada tempat sampah yang lebih besar dan dipasang di banyak titik di Pantai Klayar, namun hingga sekarang belum ada realisasi,” kata Suripto, salah satu anggota pengelola obyek wisata Pantai Klayar, saat berbincang dengan Pacitanku.com, Minggu sore.

Selain mengupayakan adanya tempat sampah yang lebih besar dan lebih banyak, disisi lain diperlukan juga kesadaran dari para pengunjung untuk menjaga kebersihan Pantai. Menurut Eko Rias Prahmono, salah satu anggota pengelola Pantai Klayar menyebut bahwa pihaknya tidak bosan-bosan mengingatkan para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan Pantai.

“Setiap lima menit sekali, kita sampaikan melalui pengeras suara agar tidak berenang di laut, dan juga selalu menjaga kebersihan Pantai,” tandasnya.

Jukir Rangkap Petugas Kebersihan

Seorang Juru Parkir menyapu di kompleks Pantai Klayar. (Foto: Dok.Pacitanku)Sementara, jelang Maghrib, pemandangan cukup mencengangkan juga terlihat saat seorang pria lanjut usia yang berprofesi sebagai juru parkir (Jukir) menyapu kompleks parkir Pantai Klayar untuk membersihkan sampah yang berserakan.

Pria yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menyampaikan bahwa dirinya sudah terbiasa merangkap jabatan, sebagai juru parkir dan membantu menjaga kebersihan Pantai.

“sudah biasa kayak gini mas, saya datang pertama kali membantu parkir, dan biar bersih kompleks parkirannya kami bersihkan sampahnya,” katanya, sembari terus menyapu kompleks parkir Pantai Klayar.

Setelah pengunjung ramai dan fasilitas mulai lengkap, Pantai Klayar kini perlu memikirkan menjaga kebersihan agar Pantai tetap elok terlihat. (DPPP001)