BPBD Pacitan Gelar Latihan Mitigasi Tsunami IOWave 2020 Secara Daring

oleh -13107 views
Pelaksanaan Iowave 2020 yang dilakukan secara daring pada Selasa (6/10/2020). (Foto: Dokumentasi BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar latihan mitigasi tsunami di Kawasan Samudera Hindia dengan tahuk India Ocean Wave Exercise 2020 (IOWave20) yang dilaksanakan pada Selasa (6/10/2020) secara dalam jaringan (Daring).

Pada tahun ini, agenda latihan mitigasi kebencanaan yang digelar bersama perusahaan di Pacitan tersebut dikoordinasikan IOC/UNESCO dengan target Uji SOP sesuai kondisi pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“IOWAVE 2020 itu merupakan pelatihan daerah dengan potensi bencana. Biasanya dilakukan 2 tahun sekali. Namun karena adanya pandemi maka tahun ini dilakukan secara daring,”kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Selasa (6/10/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan

Lebih lanjut, Didik mengungkapkan, BPBD dalam giat IOWAVE 2020 melibatkan unsur pihak swasta sebagai mitra kesiapsiagaan dalam penanganan bencana. “Tahun ini kami melibatkan lembaga PT PJB UBJOM Pacitan dan PT PPIS Pacitan,”ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Menurut Didik, kegiatan tersebut digelar memvalidasi rantai informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Diantaranya mulai dari diseminasi, pemahaman produk dan moda komunikasi, serta melatih kesiapsiagaan dalam mengantisipasi Tsunami.

“Kemudian dilakukan di kantor BPBD skenerionya terjadi gempa dan tsunami di Pacitan. Sehingga kita tidak bisa melakukan koordinasi secara langsung sehingga hanya dapat melakukan komunikasi secara terbatas, harapan kita dengan IOWAVE 2020 kita dapat mengantisipasi dan melakukan penanganan dengan tepat saat terjadi bencana,”pungkas Didik.

Latihan ini sendiridiikuti oleh 24 negara diikuti oleh 24 negara di Samudera Hindia dan tingkat nasional terdiri dari BMKG Pusat, Balai Besar dan UPT BMKG, BNPB, Media serta 97 BPBD Kab/Kota termasuk BPBD Pacitan.

Pada IOWave tahun ini, diskenariokan terjadi gempa magnitude 9.1 dengan kedalaman 10 km di Selatan Jawa. Latihan akan dilaksanakan melalui virtual Table Top Exercise (TTX), yang secara serentak real time di hari yang sama dan dimulai pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Blak-Blakan BPBD Part #1: Pacitan Pernah Dilanda Gempa dan Gelombang Tinggi? Bagaimana Mitigasinya?