Sempat “Zonk”, Kunjungan Wisata di Pacitan Semakin Membaik

oleh -846 views
Kondisi kawasan Teleng Ria yang rusak di beberapa titik akibat banjir. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Endang Surjasri menyebut sektor pariwisata di Pacitan kini semakin membaik dua bulan setelah terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor, meski sempat mengalami “zonk” alias tanpa kunjungan.

Menurut Endang, sapaan Endang Surjasri, sebagaimana dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Selasa (9/1/2018) di Pacitan, menuturkan bahwa banjir yang melanda di Pacitan tidak menyebabkan kerusakan berarti di obyek wisata Pacitan.

“Pariwisata sebagai jantung kota Pacitan tidak mengalami kerusakan serius. Bahkan menurut endang kerusakan tersebut sudah dapat diatasi dua minggu setelah bencana, ada bebrapa kerusakan kecil di Pantai Watukarung dan Pancer tetapi sudah dilakukan perbaikan,”katanya.

Dia menyebut bahwa penurunan yang sempat terjadi pada satu hingga dua minggu pasca bencana bukan karena obyek wisata yang rusak, tapi lebih kepada jalan menuju objek wisata banyak yang terdampak.

“Jalan tidak bisa dilewati atau menggunakan sistem buka tutup, dan boleh dikatakan pada satu sampai dua minggu pasca bencana, bisa dikatakan kunjungan wisata kita itu zonk,” ungkap Endang.

Mantan Camat Tegalombo ini mengapresiasi kesigapan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam melakukan recovery dan perbaikan jalan menjadikan sektor pariwisata menjadi hidup. “Hal ini terbukti dengan kunjungan wisata terus bergerak semakin membaik,”ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Endang juga mmeinta semua elemen masyarakat mempromosikan kembali pacitan melalui berbabagai media dan juga membuka diri untuk dikunjungi wisatawan.

”Pacitan sudah siap dikunjungi. Pariwisata adalah Pacitan dan Pacitan adalah pariwisata, Ayo bangkit bersama untuk wisata Pacitan,”pungkasnya. (Kominfo/Pemkab/RAPP002)