Laka Lantas Selama Libur Lebaran di Pacitan Turun

oleh -131.339 views
Anggota Polres Pacitan saat berada di pos Teleng Ria. (Foto: Dikyasa Res Pacitan)
Anggota Polres Pacitan saat berada di pos Teleng Ria. (Foto: Dikyasa Res Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pacitan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hendrix Kusuma Wardhana menyebut angka kecelakaan lalu lintas selama Libur Lebaran tahun 2017 di Pacitan mengalami penurunan.

“Kejadian laka lantas dan pelanggaran lalu lintas  selama giat ‘Operasi Ramadniya Semeru 2017’ menurun dibandingkan tahun lalu, semua berkat kordinasi dan kerjasama yang baik sesama instansi di Pacitan sehingga semua bisa berjalan lancar,”katanya kepada wartawan pada Senin (3/7/2017) di Pacitan.

Untuk mengantisipasi terjadinya laka, banyak hal yang dilakukan Polres Pacitan, salah satunya adalah melarang kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang menuju ke obyek wisata.

“Masih banyaknya kendaraan bak terbuka yang memuat orang, Ini sangat berbahaya, maka kita tetap tindak tegas, karena hal seperti itu untuk keamanan mereka juga,”ujar pria asal Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah ini.




Secara terpisah, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Sugeng Rusli, Kepala Unit Laka Lantas Polres Pacitan menuturkan bahwa faktor kejadian laka yang terjadi selama beberapa pekan terakhir disebabkan karena pengendara anak dibawah umur, yang  belum mampu mengendalikan laju kendaraan.

“Faktornya adalah pengendara anak dibawah umur yang belum waktunya mengendarai kendaraan bermotor sendiri, serta faktor kecepatan,”tandasnya.

Berdasarkan data Unit Laka Polres Pacitan, Kejadian laka lantas yang terjadi selama tahun 2016 lalu sebanyak 193 kejadian, 30 korban diantaranya meninggal dunia. Sementara, data hingga pertengahan tahun 2017, sudah terjadi 118 kejadian laka lantas yang menyebabkan  18 orang meninggal dunia dan 100 korban mengalami luka berat dan ringan.

Dalam giat ‘Operasi Ramadniya Semeru 2017’ yang berlangsung sejak H-2 Lebaran hingga H+5 Lebaran pekan lalu, Polres Pacitan sendiri menyiapkan 231 anggota untuk menyukseskan kegiatan tersebut.