Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pacitan Operasikan Gedung Rawat Inap Wijaya Kusuma

oleh -131.723 views
Bupati Indartato tinjau rawat inap RSUD Pacitan. (Foto : KBRN)
Bupati Indartato tinjau rawat inap RSUD Pacitan. (Foto : KBRN)
Bupati Indartato tinjau rawat inap RSUD Pacitan. (Foto : KBRN)
Bupati Indartato tinjau rawat inap RSUD Pacitan. (Foto : KBRN)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyaknya keluhan pasien yang tidak terlayani yang disebabkan terbatasnya daya tampung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan, diharapkan segera bisa diatasi. Hal ini dipastikan setelah pihak RSUD resmi mengoperasikan Gedung Rawat Inap berlantai empat yang bernama Wijaya Kusuma.

Gedung Rawat Inap Wijaya Kusuma ini nantinya memiliki kapasitas 36 tempat tidur pasien. “Anggrek  itu kan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan pasiennya meningkat terus dan yang antre itu banyak. Kita berpikir bahwa rumah sakit ini harus mempunyai kamar yang lebih bagus, apalagi dokternya sudah banyak, dokter spesialis,” kata Bupati Pacitan, Indartato, usai peresmian, Rabu (1/4/2015) siang, sebagaiman dilansir KBRN.

Pembangunan gedung Paviliun Wijaya Kusuma dibiayai APBD Kabupaten Pacitan. Tahun 2015 saja, anggarannya mencapai Rp 6 milliar lebih. Pengerjaannya sendiri ditargetkan selesai sepenuhnya pertengahan tahun ini. Ruangan VIP juga melayani pengguna Kartu BPJS Mandiri.

Sementara, Direktur RSUD Pacitan menyampaikan bahwa selain pasien kelas 1 yang memperoleh tambahan fasilitas, pelayanan bagi pasien kelas 3 pun terus ditingkatkan dengan menambah rawat inap. Puluhan ruangan bagi pasien kurang mampu dilengkapi sekat kaca antar tempat tidur. Harapannya, pasien merasa nyaman dan privasinya lebih terjaga. Nantinya, jumlah ruang rawat inap kelas 3 juga akan terus ditambah, yakni dengan membangun gedung baru pada  seberang Jalan DI Panjaitan depan Unit Gawat Darurat UGD).

“Kelas tiganya sudah sendiri-sendiri, ruangan sendiri-sendiri. Jadi kita lebih memberikan privasi lebih tinggi kepada pasien kelas tiga. Gedung yang sudah tua ini  akan dilakukan renovasi,” kata Iman. (Purwo Sasongko/Evie/HF/RAPP002)