Tenang, Meski BBM Naik, Harga Obat di Pacitan Masih Stabil

oleh -13771 views
UPT Farmasi Pacitan. (Foto : IST)
UPT Farmasi Pacitan. (Foto : IST)
UPT Farmasi Pacitan. (Foto : IST)
UPT Farmasi Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diputuskan pemerintah akhir pekan lalu dikhawatirkan memicu kenaikan sejumlah komoditi di tanah air. Namun demikian, untuk kategori obat, pemerintah memastikan untuk harga obat tidak ada kenaikan.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Gudang Farmasi, Dinas Kesehatan, Kabupaten Pacitan, Nunuk Irawati, S.Si., Apt, kenaikan harga BBM tidak berbanding linier dengan stabilitas harga obat. Sehingga meski BBM naik, obat – obatan generik maupun paten tidak mengalami kenaikan.“Pemerintah akan menyampaikan pengumuman terlebih dulu sebelum memutuskan kebijakan menaikan harga obat-obatan,” katanya, baru-baru ini.

Kenaikan BBM, imbuhnya, tidak serta merta berdampak pada stabilitas harga obat di pasaran. Dia menegaskan, naik-turunnya harga obat-obatan masih menjadi domainnya pemerintah. “Semua keputusan terkait harga obat masih menjadi kewenangan pemerintah,” paparnya.

Selain itu, hingga saat ini untuk ketersediaan obat-obatan yang ada di 24 puskesmas di Pacitan lebih dari cukup. “Stok obat disemua puskesmas masih tetap aman, utamanya obat-obatan fast moving,” pungkasnya. (yun/RAPP002)