Sugeng Ambal Warsa, Pak SBY

oleh -Dibaca 2.780 kali
Presiden SBY. (Foto : presidenri.go.id)
Presiden SBY. (Foto : presidenri.go.id)
Presiden SBY. (Foto : presidenri.go.id)
Presiden SBY. (Foto : presidenri.go.id)

Pacitanku.com, PACITAN—Hari ini, Presiden asal Pacitan, Jawa Timur berulang tahun ke 65. Tentu ini menjadi kado yang sangat spesial mengingat Presiden kelahiran Tremas, Arjosari, Pacitan ini berulang tahun terakhir saat menjabat sebagai Presiden RI.

Tak lupa, warga Pacitan pun ramai – ramai mengucapkan ulang tahun kepada pria alumni SMAN 1 Pacitan itu. “9 September. Hari kelahiran Presiden RI asal Pacitan, Susilo Bambang Yudhoyono. Sugeng ambal warsa pak SBY,” kata Arif Sasono, salah satu netizen Pacitan, selasa pagi di grup Facebook Info Pacitan.

“Happy Birthday Susilo Bambang Yudhoyono.. Terimakasih sudah memimpin bangsa ini dengan baik,” seru Arie Wardhana di akun twitternya @EmzetArie.

Seperti diketahui, semasa menjadi Presiden, SBY adalah satu – satunya pemimpin negara yang terpilih selama dua kali periode melalui proses pemilihan langsung oleh rakyat. Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Pacitan, sebagai kampung halaman SBY.

SBY lahir di Pacitan pada 9 September tahun 1949. Kemudian pria yang juga alumni AKMIL Magelang ini menikah dengan Ibu Ani Herrawati pada 30 Juli 1976. Mereka dikaruniai dengan dua anak lelaki. Pertama, Kapten Inf Agus Harimurti Yudhoyono yang telah menikah dengan Annisa Larasati Pohan dan buah hati mereka Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Sementara itu anak kedua SBY adalah Edhie Baskoro Yudhoyono yang telah menikah dengan Aliya Rajasa dan memiliki seorang putra Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

SBY pada 20 Oktober 2014 nanti akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden. SBY adalah Presiden pertama yang dipilih oleh rakyat Indonesia dan memimpin dua periode yakni 2004-2009 dan 2009-2014.

Dalam sejarahnya berkecimpung di dunia militer, SBY adalah lulusan terbaik AKABRI Darat tahun 1973, dan mengabdi sebagai perwira TNI selama 27 tahun. SBY meraih pangkat Jenderal TNI pada tahun 2000. Sepanjang masa itu, SBY mengikuti serangkaian pendidikan dan pelatihan di Indonesia dan luar negeri, antara lain Seskoad dimana pernah pula menjadi dosen, serta Command and General Staff College di Amerika Serikat.

SBY juga pernah menjabat sebagai komandan pasukan dan teritorial, perwira staf, pelatih dan dosen, baik di daerah operasi maupun markas besar. Penugasan itu diantaranya, Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kostrad, Panglima Kodam II Sriwijaya dan Kepala Staf Teritorial TNI.

Selain berkiprah di dunia kemiliteran, SBY tak melupakan dunia akademik. Dirinya pun meraih gelar Master in Management dari Webster University, Amerika Serikat tahun 1991. Lanjutan studinya berlangsung di Institut Pertanian Bogor, dan di 2004 meraih Doktor Ekonomi Pertanian.

Pada 2005, SBY memperoleh anugerah dua Doctor Honoris Causa, masing-masing dari almamaternya Webster University untuk ilmu hukum, dan dari Thammasat University di Thailand ilmu politik.

Sebelum terpilih menjadi Presiden pada 2004, SBY pernah menjabat Menteri Pertambangan dan Energi serta Menteri Koordinator Politik, Sosial dan Keamanan pada Kabinet Persatuan Nasional di zaman Presiden Abdurrahman Wahid. SBY juga bertugas sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan dalam Kabinet Gotong-Royong di masa Presiden Megawati Soekarnoputri.

Sugeng Ambal Warsa Pak SBY!

Redaktur : Robby