Harga Gula Pasir di Pacitan Melonjak Drastis

oleh -13616 views
Gula Pasir. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN –  Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Pacitan, terus menampakan gejala kenaikan. Utamanya gula pasir, yang saat ini harganya melonjak drastis.

Selain gula, harga telur ayam juga mengalami pasang-surut. Hal tersebut seperti disampaikan Sutrisno, salah seorang pedagang sembako di Pasar Minulyo, Pacitan, Senin (6/4/2020).

Menurut Sutrisno, harga gula pasir kemasan saat ini tembus kisaran Rp22 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya paling mahal hanya sekitar Rp15 ribu sampai Rp18 ribu per kg.

Sedangkan gula pasir awur (eceran) saat ini dijual seharga Rp18.500 per kg. Sebelumnya hanya bertahan dikisaran Rp10 ribu sampai Rp11 ribu per kg.

“Saat ini pasokan gula tersendat. Selain mahal barangnya juga menipis,”kata Sutrisno.

Sementara untuk harga telur, saat ini dijual dikisaran Rp23 ribu per kg. Harga telor memang mengalami fluktuatif. Saat ini harga telor justru turun. “Sebelumnya sempat tembus Rp26 ribu per kg,” jelasnya.

Sutrisno (Pedagang pasar Minulyo)

Lebih lanjut, Sutrisno mengatakan, untuk harga sayuran dan holtikultura, untuk beberapa jenis memang sempat mengalami kenaikan. Utamanya cabai yang saat ini naik menjadi Rp60 ribu per kg.

Sedangkan harga sayuran, utamanya wortel dari Rp 7 ribu per kg, saat ini tembus Rp 13 ribu per kg. Sawi putih semula Rp 7 ribu per kg, sekarang tembus Rp 10 ribu per kg.

Kenaikan harga sayuran tersebut, diduga juga karena tersendatnya pasokan. Sebab di beberapa daerah penghasil, sudah melakukan lockdown seiring badai COVID-19.

“Sampai kapan harga akan stabil, kita belum bisa memprediksi,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan