Ketua KPU Pacitan Syukuri Tak Ada Sengketa Pemilu

oleh -427 Dilihat
SAMBUTAN, Ketua KPU Pacitan saat sambutan dalam evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, Minggu malam di Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini mensyukuri tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilihan Presiden di Pacitan berjalan dengan lancar. Hal itu disampaikan saat evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, Minggu malam di Pacitan.

“Penetapan kursi dan calon terpilih telah disahkan pada tanggal 2 Mei 2024. Alhamdulillah untuk Kabupaten Pacitan tidak tersangkut pada sengketa Pemilu, tentu ini menjadi keberhasilan kita semuanya,”kata perempuan yang akrab disapa Rini ini dalam sambutannya.

Selanjutnya, kata Rini, kegiatan evaluasi tersebut juga menjadi bagian dari laporan KPU Provinsi dan KPU Pusat. “Seluruh evaluasi dan masukan akan menjadi perhatian dalam penyelenggaraan pemilu kedepan,”tandas Ketua KPU perempuan pertama di Pacitan ini.

Secara khusus, Rini juga mengapresiasi masyarakat yang telah turut serta dalam menggunakan hak pilihnya sehingga di Pacitan terjadi kenaikan angka partisipasi. Jika dibandingkan tahun 2019, pemilu 2024 mengalami kenaikan 3 persen atau angka 78 persen.

“Tidak hanya pada kegiatan tahapan ini namun itu semuanya menjadi bagian kedewasaan dalam berdemokrasi. Dan satu hal di KPU ini bahwa selain pada pelaksanaan tahapan Pemilu, namun juga adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan haknya pada Pemilu tahun 2024 ini,”papar dia.

Sebagai informasi, KPU telah menetapkan hasil Pileg di Pacitan. Dimana Partai Demokrat berhasil menguasai kursi parlemen di Pacitan dengan perolehan 18 kursi.

Sementara Golkar di tempat kedua dengan 7 kursi. Jumlah tersebut turun dibandingkan 2019 yang meraih 9 kursi di DPRD Pacitan.

Sedangkan PDIP masih di posisi ketiga dengan perolehan 6 kursi. Kemudian disusul PKB yang memperoleh 5 kursi.

Sementara Nasdem, PKS, Hanura, dan PPP masing-masing mendapatkan 2 kursi, dan Gerindra memperoleh 1 kursi.

Berikut daftar perolehan kursi DPRD Pacitan 2024-2029

  1. Demokrat: 18 kursi
  2. Golkar: 7 kursi
  3. PDIP: 6 kursi
  4. PKB: 5 kursi
  5. Nasdem: 2 kursi
  6. PKS: 2 kursi
  7. Hanura: 2 kursi
  8. PPP: 2 kursi
  9. Gerindra: 1 kursi

No More Posts Available.

No more pages to load.