Dua Kakak Beradik dari Kebonagung Pacitan ini Sukses Lolos DPR RI di Tanah Rantau

oleh -2407 Dilihat
Muhammad Haris dan Hamid Noor Yasin. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua kakak beradik yang sama-sama berasal dari Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, yakni Muhammad Haris dan Hamid Noor Yasin dipastikan lolos menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.

Yang cukup unik, kedua bersaudara itu sukses mencapai puncak tertinggi politik parlemen di tanah rantau, atau bukan di kampung halamannya, Pacitan.

Baca juga: Haris dan Hamid, Dua Anak Pegawai KUA Pacitan yang Sukses Menjadi Pemimpin di Tanah Rantau

Muhammad Haris, yang merupakan mantan Wakil Wali Kota Salatiga periode 2011–2016 dan 2017–2022, merupakan kakak dari Hamid Noor Yasin.

Pria yang akrab disapa Haris itu sukses lolos ke DPR RI setelah meraih suara tertinggi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah pemilihan (Dapil) I Jawa Tengah dengan perolehan 64.900 suara.

Dapil I Jateng sendiri meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Kabupaten Kendal.

Sementara, sang adik, yakni Hamid Noor Yasin juga dipastikan terpilih kembali sebagai anggota legislatif DPR RI, juga dari PKS. Hamid sendiri sebelumnya merupakan anggota DPR RI petahana periode 2019-2024 dari dapil 4 Jateng.

Pada Pemilu tahun ini, Hamid maju di Dapil Jateng 4 meliputi Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dan meraih 92.242 suara.

Profil Haris dan Hamid

Hamid dan Haris, Putra Pacitan yang sukses di tanah seberang. (Gambar : IST/Pacitanku)
Hamid dan Haris, Putra Pacitan yang sukses di tanah seberang. (Gambar : IST/Pacitanku)

Sebagai informasi, Haris dan Hamid adalah putra dari mantan pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kebonagung, Pacitan, (alm) KH Imam Nurhadi Widodo dan Siti Chotijah.

Kedua tokoh tersebut lahir di lereng Gunung Watu Lumbung, Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan.

Kedua orang tuanya, yakni (alm) Imam Nurhadi Widodo dan Siti Chotijah adalah keluarga kiai kampung hidup dalam kesederhanaan. Ia pegawai negeri di kantor KUA Kebonagung.

Haris lahir di Kebonagung, Pacitan pada 6 Februari 1966. Sedangkan Hamid lahir 3 tahun berselang di Kebonagung, Pacitan pada 27 Mei 1969.

Haris dan Hamid besar dan bersekolah di Pacitan. Haris adalah alumni SMPN 1 Pacitan, sedangkan Hamid adalah alumni MTS Negeri Pacitan.

Di tingkat SMA, Haris bersekolah di SMAN 1 Pacitan, sedangkan Hamid yang merupakan anak ketiga dari pasangan Imam Nurhadi dan Siti Chotijah sekolah di MAN Pacitan.

Usai lulus di Tingkat SMA, kedua kakak beradik itu sama-sama merantau untuk berkuliah di luar kota. Haris kuliah di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kemudian menempuh program magister dan doktoral di Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Kota Semarang.

Sementara, Hamid, adiknya meraih gelar sarjana Ilmu Pemerintahan UNDAR Jember dan program magister di manajemen SDM STIE AUB Surakarta.

Menarik untuk dinantikan bagaimana kiprah dua kakak beradik dari Pacitan itu di senayan untuk periode 5 tahun mendatang.