Manisnya Kuliner Pisang Gulung Sale Pacitan

oleh -572 views
Sale Pacitan
Sale Pacitan
Sale Pacitan
Sale Pacitan

Pacitanku.com, TEGALOMBO—Anda mungkin pernah menjumpai model kuliner berupa kue yang berbahan baku dari pisang kering, lalu di gulung – gulung menyerupai kelereng? Ya, itu adalah sale. Sale Pisang, makanan khas Pacitan. Sale adalah salah satu makanan khas Pacitan, selain nasi tiwul dan ikan kalakan. Bahannya terbuat dari pisang manis yang dikeringkan secara alami. Dimasak tanpa bahan pengawet namun bisa bertahan dalam waktu beberapa bulan.

Dengan kemasan yang unik, sale Pacitan bisa anda temui dalam berbagai bentuk, baik kemasan biasa dalam ukuran sedang, berbentuk anggur yang berwarna-warni serta lembaran-lembaran besar, atau berbentuk cumi – cumi. Semuanya tetap nikmat dan sangat cocok menjadi hidangan dikala keluarga berkumpul.Seperti diketahui, Sale Pisang yang saat ini menjadi makanan khas Pacitan bahkan menjadi cinderamata dan oleh – oleh ketika anda berkunjung ke Kota yang berada di ujung Provinsi Jawa Timur ini.

Salah satu ragam sale Pacitan yang cukup terkenal di kalangan mania kuliner adalah sale pisang anggur, sale anggur ini dibentuk bulat kecil-kecil, dikemas dalam kertas berwarna warni, dan dibentuk seperti buah anggur

Sale anggur adalah sale basah, terbuat dari pisang dengan proses fermentasi tanpa bahan pengawet, proses pembuatan sale ini cuku unik, yakni dengan cara diiris, lalu dijemur dan dioven, kemudian dikemas sehingga menjadi bentuk seperti buah anggur.

Dan untuk rasanya, tentu saja manis layaknya pisang. Rasanya begitu lembut dan harum,  sale menjadi lebih cantik karena dibentuk/dirangkai menyerupai buah anggur, dengan warna yang sangat menarik. Cocok digunakan sebagai oleh – oleh atau bingkisan bahkan hiasan pelengkap dekorasi.

Redaktur : Dwi Purnawan

Foto : oleholehkhaspacitan.blogspot.com