Jubir: PDP di Pacitan Kembali Bertambah, Tracing Juga Terus Diperluas

oleh -102 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan pada Rabu (1/7/2020) hari ini kembali menemukan satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang berasal dari Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Baca juga: PDP di Pacitan Kembali Bertambah, Total Jadi 19

Menurut keterangan juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, meski berasal dari Desa Kembang, namun tidak ada korelasinya dengan klaster penularan positif COVID-19 sebelumnya, yang berasal dari transmisi asrama haji Sukolilo Surabaya.

“Dimungkinkan ini transimisi baru yang belum diketahui asal-usulnya. Saat ini pasien sudah menjalani perawatan di RSUD dr Darsono,” kata Rachmad, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Status Pacitan Masih Stagnan di Zona Kuning Corona

Selain ditemukannya satu PDP baru, saat ini gugus tugas terus melakukan perluasan tracing, di kawasan Kecamatan Sudimoro.

Yang semula pada satu kelompok kerja, saat ini lebih diperluas di lingkungan dalam. Sedangkan di Duun Karangturi, Desa Sumberrejo, Kecamatan Sudimoro, Rachmad menegaskan, semua hasil rapid diagnostic test (RDT) menyatakan, non reaktif COVID-19.

“Ada 20 warga atau pekerja yang terjaring tracing. Saat ini masih dilakukan pelacakan dan kemungkinan akan dilanjutkan dengan uji swab. Sebab diduga mereka pernah ada kontak erat dengan tiga pasien positif COVID-19 sebelumnya. Sehingga, dimungkinkan penambahan pasien positif COVID-19 masih akan terjadi,” jelasnya.

Baca juga: Gugus Tugas Lakukan Tracing dan Rapid Test Massal di Pacitan

Sementara itu, data yang diperoleh wartawan dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemprov Jatim, jumlah orang dalam pantauan (ODP) di Pacitan tercatat sebanyak 666. Tengah dipantau sebanyak 19 orang, selesai  dipantau 646, dan meninggal dunia satu orang.

Sedangkan jumlah  PDP bertambah menjadi total 20 orang, masih dalam pengawasan sebanyak tiga orang, selesai diawasi 13, orang dan meninggal dunia empat orang. Total pasien positif COVID-19 24 orang, sembuh 11 orang, dirawat 12, dan meninggal dunia satu orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan