Dinilai Hampir Siap, Tiga Obyek Wisata di Pacitan Menuju Tahapan Simulasi

oleh -209 views
Pantai Pidakan Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Pacitanku.com, PACITAN –  Tiga daerah tujuan wisata (DTW) di Pacitan dimungkinkan bakal melakukan tahapan simulasi. Sebab mereka sudah dinyatakan siap 90 persen dari sisi kesehatan, keselamatan, dan kebersihan kawasan.

Juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, ketiga DTW yang dikelola swasta dan Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut adalah wisata bukit Sentono Genthong di Desa Dadapan Pringkuku.

Baca juga: Obyek Wisata Masih Ditutup, Asosiasi Pelaku Pariwisata Pacitan Berharap Pemkab Beri Kompensasi

Kemudian Pantai Pidakan di Desa Jetak Kecamatan Tulakan dan Beiji Park di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku. Selain tiga DTW tersebut, sembilan DTW yang dikelola Pemkab masih perlu kajian-kajian.

“Ketiga DTW tersebut, memang sudah dinyatakan lolos pada tahapan presimulasi. Sehingga saat ini tim gugus tugas, masih melakukan kajian-kajian agar bisa menentukan apakah DTW tersebut berlanjut ke tahap simulasi ataukah tidak. Tahapan simulasi ini akan dilaksanakan selama sepekan hingga satu bulan,” kata Rachmad, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kabid Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan, Baskoro, membenarkan, kalau hari ini, Rabu (1/7/2020) ia bersama tim gugus tugas tengah melakukan kajian-kajian terhadap tiga DTW yang rencananya akan melaksanakan simulasi pada tahap awal ini.

Baca juga: Kadisparpora Dorong Kesiapan Standar Kesehatan Tempat Wisata di Pacitan

Baskoro juga belum bisa memastikan, apakah mereka siap melakukan tahap simulasi atau belum, sekalipun dari sisi porotokoler kesehatan, seperti kesehatan, keselamatan dan kebersihan, kawasan, sudah disiapkan pihak penyelenggara.

Begitupun dengan elemen pendukung lainnya, sepeti para pedagang di kawasan wisata tersebut.

“Saat ini tim tengah melakukan kajian-kajian ke lokasi. Hasilnya bagaimana, masih menunggu keputusan gugus tugas,” tegasnya secara terpisah.

Sebagaimana surat edaran Bupati Pacitan nomor 440/255/408.35/2020 tentang panduan teknis protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada tatanan kenormalan baru sektor pariwisata, gugus tugas membagi tahapan pembukaan usaha pariwisata menjadi tahap pra simulasi, simulasi selama maksimal 1 bulan dan tahap uji coba sampai dengan Senin (30/11/2020) mendatang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Tahapan Pembukaan Pariwisata Pacitan Masa New Normal