Kadisparpora Dorong Kesiapan Standar Kesehatan Tempat Wisata di Pacitan

oleh -112 views
Tengku Andi Faliandra Kadisparpora Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato kembali menerbitkan surat edaran (SE) tentang sektor pariwisata. Dalam SE dengan nomor 188.45/254/408.21/2020 tentang pembatasan sosial sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan yang diterbitkan Selasa (30/6/2020) itu, Indartato mengatakan obyek wisata, usaha jasa wisata di dalam kawasan wisata dan seluruh tempat hiburan masih ditutup.

Dalam SE Bupati sebelumnya, penutupan sendiri berakhir pada Selasa (30/6/2020). Sehingga dengan adanya SE terbaru pada Selasa (30/6/2020), dapat dipastikan masa penutupan tempat wisata di Pacitan kembali diperpanjang.

Sebagai informasi, seluruh tempat wisata di Pacitan ditutup sejak Senin (23/3/2020) lalu atau sekitar 3 bulan lebih 1 minggu.

Namun demikian, Indartato dalam SE tersebut juga mengatakan ada opsi pembukaan tempat pariwisata di Pacitan yang bisa dilakukan secara bertahap. Salah satu yang menjadi syaratnya adalah harus mendapatkan rekomendasi dari gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Kita sudah mempersiapkan secara bersama dalam menyambut masa new normal, akan tetapi saya selalu berpesan bahwa pembukaan kawasan pariwisata harus mendapatkan sertifikasi dari gugus tugas,”kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Tengku Andi Faliandra saat dihubungi Pacitanku.com, Rabu (1/7/2020) di Pacitan.

Menurut pria yang akrab disapa Andi ini, dalam SE terbaru Bupati itu, tidak ada batas tanggal kapan berakhirnya masa penutupan  pariwisata di Pacitan.

“SE bupati yang baru terbit, kalau kita baca tidak ada batas tanggalnya. Artinya apabila pada kondisi baik maka, lokasi wisata yang sudah disertifikasi semua boleh buka. Begitupun sebaliknya,”tandasnya.

Sehingga, Andi mengatakan, untuk per Rabu (1/7/2020) hari ini, tempat wisata di Pacitan belum bisa buka karena pada sisi kesehatan belum membaik.

“Untuk tanggal 1 Juli, untuk sisi kesehatan belum bisa buka untuk pariwisata Pacitan,”tandasnya.

Lebih lanjut, Andi mengajak para pelaku usaha dalam masa menunggu pembukaan dan perbaikan dari sisi kesehatan untuk bersama mempersiapkan lokasi-lokasi wisata di Pacitan.

“Dalam rangka menunggu pembukaan, saya mendorong adanya kesiapan lokasi-lokasi wisata dengan standar kesehatan. Sehingga ketika dibuka new normal, maka semua telah siap untuk membuka,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Tahapan Pembukaan Pariwisata di Pacitan