PDP di Pacitan Kembali Bertambah, Total Jadi 19

oleh -140 views
Juru bicara satgas penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Perkembangan kasus coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan masih mengkhawatirkan. Juru bicara tim komunikasi publik percepatan penanganan COVID-19  Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, pada Selasa (30/6/2020) sore ini gugus tugas kembali mencatat adanya penambahan satu pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19

Menurut Rachmad, pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki, usia sekitar 55 tahun, dan berasal dari Kecamatan Kebonagung.

“PDP tersebut awalnya mengalami demam selama 7 hari, namun tak kunjung ada kesembuhan. Saat ini yang bersangkutan sudah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Darsono,” ujarnya, Selasa (30/6/2020) malam.

Menurut rencana, pasien tersebut akan menjalani rapid diagnostic test (RDT) yang dilanjutkan dengan uji swab. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui asal transmisi sebaran..

Dengan adanya penambahan satu PDP tersebut, saat ini PDP di Pacitan menjadi 19 orang. Dimana dua diantaranya dalam pengawasan, selesai dipantau 13 orang dan meninggal dunia empat orang.

Rachmad berpesan, agar masyarakat selalu mengedepankan protokol kesehatan. Utamanya selalu memakai masker saat keluar dari rumah, dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir.

“Jangan lupa tetap jaga jarak fisik (physical distancing) dan hindari berkerumun (social distancing). Lebih baik tetap tinggal di rumah, apabila tidak ada keperluan mendesak. Ingat saat ini badai coronavirus masih berlangsung bahkan semakin mengkhawatirkan,” pesannya.

Sementara itu sebagaimana data yang diperoleh dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan per Selasa (30/6/2020), jumlah orang dalam pantauan (ODP) di Pacitan tercatat sebanyak 666. Rincian ODP tersebut dipantau 19, selesai dipantau 646, dan meninggal dunia satu orang.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 19 orang, dengan rincian dalam pengawasan 2 orang, selesai 13 orang dan meninggal dunia 4 orang.

Sementara pasien positif COVID-19, sebanyak 24 orang, dengan rincian sembuh 11, dirawat 12 dan meninggal dunia satu orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan