Status Pacitan Masih Stagnan di Zona Kuning Corona

oleh -139 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN — Kasus sebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan masih terus bertambah. Sehingga harapan untuk menuju zona hijau hanya sebatas angan.

Saat ini, kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa tersebut, masih masuk klasifikasi zona kuning sebaran COVID-19.

Juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, kasus positif COVID-19 dimungkinkan masih akan bertambah.

Meski diakuinya, juga banyak pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

“Sehingga saat ini kita masih berada di zona kuning, sebaran COVID-19,” ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini meminta masyarakat benar-benar disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Pakailah masker saat keluar dari rumah dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir. Selain itu, jaga jarak fisik (phsycal distancing) saat berinteraksi dan selalu kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),”pesannya.

Sementara itu sebagaimana data yang diperoleh dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan per Selasa (30/6/2020), jumlah orang dalam pantauan (ODP) di Pacitan tercatat sebanyak 666. Rincian ODP tersebut dipantau 19, selesai dipantau 646, dan meninggal dunia satu orang.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 19 orang, dengan rincian dalam pengawasan 2 orang, selesai 13 orang dan meninggal dunia 4 orang.

Sementara pasien positif COVID-19, sebanyak 24 orang, dengan rincian sembuh 11, dirawat 12 dan meninggal dunia satu orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan