Pacitan Gelar Festival Rawat Jagat Bertemakan Peduli Lingkungan Hingga Hadirkan Jogja Hiphop Foundation

oleh -6 Dilihat
Rawat Jagat Pacitan 2023

Pacitanku.com, PACITAN – Konsorsium Kangen Pacitan bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menyelenggarakan Festival Rawat Jagat #2 pada Sabtu (29/7/2023).

Baca juga: Ketua TP PKK Pacitan Efi Suraningsih Ajak Ibu-ibu Peduli Lingkungan dengan Meminimalisir Sampah Plastik

Pada event yang digelar edisi kedua ini (sebelumnya bernama Ruwat Jagat, red), panitia setempat mengusung tema Nature Environment atau kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Festival ini berangkat dari tradisi masyarakat di Pacitan yang merayakan syukur kepada Tuhan sekaligus sebagai pengingat bagi kita untuk merawat dan menjaga keseimbangan alam,”kata Konsorsium Kangen Pacitan Abdilah Yusuf dalam keterangan resminya, Kamis (27/7/2023) di Pacitan.

Abdillah mengatakan pada event Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan yang tidak saja untuk menggerakkan ekosistem kebudayaan di Pacitan namun juga sebagai cara kreatif mengolaborasikan tradisi dengan seni pertunjukan kekinian.

Lebih lanjut, Abdilah menambahkan nantinya festival ini bisa dinikmati semua lapisan masyarakat termasuk para traveller dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pacitan.

Sementara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menjelaskan Pacitan memiliki sejumlah potensi kebudayaan serta potensi alam yang indah sehingga harus dioptimalkan agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Menurut Bupati, Festival yang digelar selama satu hari di Pacitan ini akan menyuguhkan berbagai ragam seni pertunjukan baik seni tradisi, modern, hingga pertunjukan musik dalam empat panggung pertunjukan lainnya yang disediakan oleh penyelenggara.

Baca juga: Edukasi Siswa, Gelar Sarasehan Lingkungan Hidup di MI GUPPI Ponggok Pacitan

Semua venue pertunjukan akan tersebar di Kota Pacitan mulai dengan venue pertama yaitu di depan SMPN 1 Pacitan, venue kedua yaitu di depan Perpuspda Pacitan, venue ketiga yaitu di depan DPRD Pacitan dan venue utama di Tugu Penceng, Pacitan.

Selain itu, seniman dan musisi dari berbagai daerah di Indonesia pun akan menyemarakkan pertunjukan di panggung utama yakni salah satunya adalah musisi Viasa Dewa, Gondrong Gunarto hingga Jogja Hip Hop Foundation.

“Silahkan datang ke Pacitan, selain menikmati ragam seni pertunjukan dan kuliner, teman-teman yang datang ke Pacitan dapat menikmati aneka pemandangan pantai dengan pasir yang indah di Pacitan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.