Ketua TP PKK Pacitan Efi Suraningsih Ajak Ibu-ibu Peduli Lingkungan dengan Meminimalisir Sampah Plastik

oleh -3 Dilihat
PEDULI LINGKUNGAN. Kegiatan sarasehan “Pengurangan Sampah Plastik dalam Upaya Pelestarian Alam" yang digelar pada Jumat (20/7/2023) di Gedung Karya Dharma Pacitan. (Foto: Wulan/Panitia Rawat Jagat for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih mengajak kepada ibu-ibu untuk memulai peduli dengan lingkungan dengan cara meminimalisir sampah plastik.

Hal itu disampaikan oleh istri dari Bupati Pacitan tersebut saat kegiatan sarasehan “Pengurangan Sampah Plastik dalam Upaya Pelestarian Alam.”

Baca juga: Edukasi Siswa, Gelar Sarasehan Lingkungan Hidup di MI GUPPI Ponggok Pacitan

Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Rawat Jagat 2 itu digelar pada Jumat (20/7/2023) di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Sejak awal, panitia kegiatan sarasehan tersebut mengusung tema lingkungan dengan cara peserta membawa tumbler untuk wadah air dan snack sehingga bisa turut serta dalam aksi peduli lingkungan hidup.

Turut hadir sebagai pemateri adalah Efi Suraningsih selaku Ketua TP PKK Pacitan dan juga aktivis lingkungan Anita Bidaryati.

Dalam paparannya, Efi menyampaikan kepada puluhan peserta tentang penerapan pola hidup minim sampah plastik dalam kehidupannya.

“Kami juga mengajak ibu-ibu melaksanakan peduli lingkungan, minimal dengan membawa tumbler dan kantong sampah sendiri saat belanja,”katanya.

Efi juga mengajak kepada seluruh Ketua TP PKK, baik di Kecamatan atau Desa untuk menularkan aksi baik peduli lingkungan ini kepada seluruh masyarakat Pacitan.

Sementara, aktivis lingkungan hidup, Anita Bidaryati dalam paparannya menyampaikan terkait bahaya menggunakan plastik pada makanan.

Anita yang merupakan peraih penghargaan Pacitanku Inspiring Women (PIW) 2020 ini juga berbagi tips memanfaatkan plasti dengan bijak. “Mengingat plastik didapat dari sumber daya alam (SDA) yang tidak dapau dipebarukan,”ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih mengajak kepada ibu-ibu untuk memulai peduli dengan lingkungan dengan cara meminimalisir sampah plastik. (Foto/ Wulan for Pacitanku)

Sementara, Ketua panitua rawat Jagat 2, Bangun Naruttama dalam paparannya menyebut kegiatan Rawat Jagat 2 tahun ini mengusung tema lingkungan dan alam.

Bangun mengungkapkan ada sejumlah workshop terkait lingkungan yaitu pengurangan Penggunaan Plastik dalam upaya pelestarian alam dengan sasaran ibu-ibu TP PKK se Kabupaten.

Bangun berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Pacitan.

“Ada juga edukasi terkait sampah dan biota laut di MI Ponggok dan MtS Tinatar serta sarasehan dengan camat dan Kades dengan tema sampah dan solusinya,”pungkasnya.

Video Cerita Tentang ‘Mimpi’ Anita Ingin Bikin Pacitan Bebas Sampah

No More Posts Available.

No more pages to load.