Simak Empat Tips Praktis Mendaki Gunung di Pacitan Bagi Pemula

oleh -19 Dilihat
KEMAH. Pendakian gunung di Pacitan. (Foto: Denisha/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Selain pantai, jenis traveling lain yang juga disukai anak muda adalah wisata gunung. Siapa yang tidak jatuh cinta dengan pemandangan yang menawan dari atas gunung?

Jika Anda ke Pacitan, tentu akan banyak gunung yang bisa didaki, seperti Gunung Limo, Gunung Lanang, Gunung Sepang dan masih banyak lagi.

Meski tidak setinggi Gunung dengan ketinggian 3000 kaki tapi pemandangan dan pendakiannya tidak kalah seru.

Kita bisa merasakan indahnya berinteraksi dengan awan yang jaraknya hanya selangkah di depan kita, menikmati birunya langit yang luas dan cerah, menghirup oksigen murni yang dirindukan paru-paru, dan melihat jajaran atap rumah penduduk yang berwarna-warni, lengkap dengan hijaunya sawah yang terlihat seperti permadani.

Selain itu, mendaki gunung sangat bagus untuk kesehatan fisik dan jiwa. Udara yang segar dan atmosfer yang berbeda dengan suasana kota sangat cocok untuk ‘me-restart’ diri kita dari kejenuhan aktifitas sehari-hari.

Tapi, untuk kalian yang suka bermalam atau berkemah di gunung untuk menikmati pemandangan dan suasana senikmat itu, diperlukan adanya persiapan yang matang.

salah seorang pendaki bernama Hidayaul Musrifah dari Pacitan mengungkapkan sebelum mendaki biasanya dirinya melakukan latihan fisik seperti jogging dan melakukan beberapa gerakan pemanasan untuk memperkuat otot kaki.

“Kemudian prepare kebutuhan bekal dan peralatan untuk camping. Membawa obat – obatan dan vitamin untuk menjaga kesehatan badan agar tetap vit. Kalau untuk alas kaki gunakan sepatu gunung atau sandal gunung agar lebih aman. Terpenting tetap menjaga attitude saat pendakian,”kata Musrifah.

Nah, agar mendakimu aman, berikut adalah tips mendaki gunung bagi pemula

1. Membawa perbekalan memadai

Saat mendaki Anda wajib membawa peralatan yang cukup. Misalnya saja tas carrier, tenda camping, botol minum, persediaan makanan yang cukup, busana hangat, lampu atau penerangan yang cukup dan masih banyak lagi. Namun bagi yang suka memasak di gunung sebaiknya membawa kompor dan cooking set.

2. Membawa obat-obatan

Ini sangat penting dicatat terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit akut. Bawalah obat-obatan pribadi dengan stok banyak. Dan, jangan lupa obat-obatan seperti luka atau alergi juga wajiobat-obata

3. Kenali alas kaki yang dipilih

Untuk alas kaki, Anda harus bisa memilih dan mengenali medan dahulu. Sepatu gunung bisa digunakan ketika jalur trekking sangat ekstrem dan curam.

4. Olahraga teratur sebelum mendaki

Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki gunung. Lebih baik olahraga teratur terlebih dahulu untuk melatih otot kaki kurang lebih satu minggu. Anda bisa mencoba untuk berlari, menuruni dan menaiki anak tangga atau berlari di atas tread mil. Ini bisa membantu Anda mempermudah untuk mendaki nantinya.