10 Tempat Ngabuburit di Pacitan yang Asyik dan Enak

oleh -917 views

Pacitanku.com, PACITAN – Di bulan Ramadhan para muda-mudi biasanya juga identik dengan agenda ngabuburit atau nongkrong dan menikmati panorama sambil menunggu bedug Adzan maghrib penanda saat buka puasa telah tiba. Tempat yang asyik, view yang indah dan tentunya biaya yang murah.

Di Pacitan, banyak sekali tempat yang cocok untuk agenda ngabuburit, karena sepanjang barat sampai ke timur, utara sampai selatan, alam Pacitan menawarkan daya tarik yang indah.

Untuk anda yang menetap atau sedang berada Pacitan, berikut beberapa referensi tempat Ngabuburit yang asik, enak, nyaman dan tidak menguras kantong anda aka murah meriah.

1. Alun-alun Pacitan

Para pedagang menggelar lapak di alun – alun Pacitan. (Foto : Sulthan/Pacitanku)

Tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan alternatif anda ngabuburit. Suasananya yang sejuk dengan pemandangan bunga yang rindang serta beberapa permainan yang tersedia, membuat pengunjung tidak akan bosan di tempat ini. Di Alun-alun Pacitan, tersaji lengkap pemandangan aktivitas warga Pacitan, Yang terbaru, sejumlah fasilitas telah disiapkan Pemerintah setempat, seperti gazebo, bazar hingga kawasan kuliner.

Berbagai fasilitas yang bisa diperoleh di alun-alun Pacitan diantaranya arena permainan, beragam kuliner, sport center, air mancur, taman alun-alun dan fasilitas lampu warna- warni yang meriah. Lokasinya adalah tepat di jantung Kota Pacitan, yakni di Jalan A Yani Kabupaten Pacitan.

2. Masjid Agung Pacitan

Foto Ilustrasi. Warga Pacitan memadati teras Masjid Agung Darul Falah untuk melaksankan buka puasa bersama pada 10 Juni 2018. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Bagi kamu yang ingin sensasi berbeda ngabuburit, boleh coba juga ngabuburit di Masjid Agung Pacitan. Sembari menikmati wisata religi, kamu bisa merampungkan tadarus kamu di masjid, berfoto dengan background masjid terbesar di Pacitan, atau mengikuti kajian disana.

Selain itu, dipastikan yang ngabuburit disini, dijamin akan lebih dahulu mendengar bedug maghrib yang dirindukan itu. Kamu juga bisa menunggu kalau-kalau disini ada takjilan, itung – itung buka gratis.

Apalagi, pada tahun 2019 ini, pengelola setempat menyediakan pusat bazar di kawasan halaman Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Beragam olahan kuliner khas Pacitan bisa Anda nikmati disini. Tak hanya itu, kajian jelang buka puasa juga bisa Anda ikuti di Masjid terbesar di Pacitan ini. Letaknya tak jauh dari alun-alun Pacitan.

3. Kawasan Pasar Minulyo

Pasar Minulyo Pacitan segera direnovasi Pemkab. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pasar Minulyo Pacitan . (Foto : Dok.Pacitanku)

Pasar yang terletak di Baleharjo pacitan ini berubah menjadi pusat perekonomian, budaya, dan hiburan masyarakat Pacitan yang ada di Pacitan. Di siang hari, seperti biasa aktivitas jual beli masyarakat Pacitan menjadi pemandangan rutin. 

Saat jelang sore, Pasar Minulyo akan banyak digunakan sebagai tempat ngabuburit dan hiburan. Di pasar Minulyo, beragam kuliner tersaji di kawasan pujasera. Jika Anda membawa anak-anak, area bermain juga ada di halaman pasar ini.

4. Pantai Pancer dan Pantai Teleng Ria

Kawasan Pancer Door masuk penilaian Geopark Gunungsewu. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kawasan Pancer. (Foto : Dok.Pacitanku)

Tak jauh dari pusat kota, ada dua pantai yang bersebelahan dan bisa Anda nikmati untuk tempat ngabuburit jelang berbuka. Yakni di Pantai Pancer dan Pantai Teleng Ria, Pacitan.

Di pantai ini, kita memang tidak bisa menyaksikan matahari terbenam karena posisi matahari akan terbenam di balik bukit, bukan di laut lepas, namun yang menarik adalah jarak dari kota menuju pantai yang relatif dekat. Selain itu fasilitas yang memadai juga menjadi pertimbangan anda untuk menjadikan pantai ini tempat ngabuburit favorit anda.

Di Pantai Teleng Ria, ada fasilitas Resto yang bisa digunakan untuk tempat nongkrong yang lengkap, area lapangan bola ataupun tempat santai, yang semuanya cocok buat kamu ngabuburit bareng teman – teman.

5. Jembatan Grindulu

Jembatan Grindulu Pacitan (Foto @iqbaal_malik/Pacitanku.com)

Masih di kawasan Pacitan kota, salah satu spot yang menarik untuk tempat ngabuburit adalah kawsan Jembatan JLS Grindulu di Desa Sirnoboyo, Pacitan. Jembatan Grindulu menghubungkan wilayah Ploso dan Sirnoboyo, di Desa Kembang dan Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jembatan ini memiliki panjang total 750 meter dan dibangun oleh BUMN PT Nindya Karya (Persero).

Nah, yang cukup asyik adalah disini bisa melihat a panorama Pacitan saat senja, hingga melihat megahnya bangunan yang belum lama diresmikan tersebut.

Jembatan yang membentang pada ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Ploso-Sirnoboyo ini dibangun sejak tahun 2015 dan telah rampung bulan Desember 2017 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2018.Tak jauh dari jembatan Grindulu ini, Anda bisa juga menkmati beragam kuliner Pacitan di Pasar Arjowinangun.

6. Kawasan Pantai Soge

Tempat ngabuburit selanjutnya yang bisa Anda nikmati adalah kawasan Pantai Soge, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Disini, Anda bisa menyaksikan panorama jalur Pansela atau dulu disebut Jalur Lintas Selatan (JLS) yang elok dan tentunya panorma sunset yang bisa juga kamu nikmati sembari menunggu bedug yang dirindukan pun tiba.

Tak jauh dari Pantai Soge, ada jembatan soge juga merupakan tempat alternatif para ngabuburit-ers. Jembatan baru yang letaknya cukup strategis, yakni di JLS, pantai Soge dan sungai Soge ini memang cukup direkomendasikan untuk menikmati sensasi ngabuburit bareng teman – teman. Lighting atau cahaya yang bagus, jembatan dengan konstruksi yang baik, disertai spot fotografi yang aduhai membuat jembatan soge layak dijadikan tempat ngabuburit.

7. Pantai Srau

Pantai Srau
Pantai Srau yang elok

Di kawasan barat Pacitan, kamu bisa meluangkan waktu untuk ngabuburit di pantai Srau yang elok itu. Tempat ini mungkin bisa jadi menjadi tempat ngabuburit paling asyik di Pacitan, karena panorama indah, ada sunset yang bisa didapatkan, tempatnya lapang, bayak spot menarik, dan tentunya, gemuruh ombak khas selatan yang aduhai.

Spot ngabuburit asyik lainnya di Pacitan adalah Pantai Buyutan. Di pantai ini, mungkin akan menjadi satu pantai dengan pemandangan sunset terbaik di Pacitan. dan ngabuburit disini memang dikhususkan untuk pecinta keindahan, terutama sunset dan siluet. Namun pastikan kalau ngabuburit disini, kamu bawa bekal dari rumah, karena jarang warung minuman buka jelang sore.

8. Pantai Kasap dan Pantai Watukarung

Wisatawan di pantai kasap. (Foto via IG @senodananda)

Masih di wilyah Kecamatan Pringkuku, panorama Pantai Kasap dan Pantai Watukarung yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku juga menjadi salah satu alternatif pilihan ngabuburit.

Suasana yang damai, menikmati sunset dan tentu panorama karang yang unik menjadikan yang menikmati sore di pantai ini tambah nyaman. Selebihnya, di Pantai Kasap Anda bisa menikmati keindahan panorama lembayung senja dari bukit yang mirip dengan Raja Ampat di Papua.

9. Pantai Klayar

Spot Selfie Pantai Klayar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo menjadi tempat favorit berikutnya untuk ngabuburit, utamanya bagi masyarakat di kawasan sekitar Pantai. Saat ini pantai ini masih menjadi ikon pariwisata Pacitan.

Berbagai bangunan terus dibangun, sejumlah gazebo terus dibangun, juga tulisan besar bertuliskan Pantai Klayar dibangun di tebing sisi timur pantai. Untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke Pantai Klayar, penataan dan perluasan area parkir juga dilakukan pemerintah .

Untuk diketahui, yang menjadi daya tarik dari Pantai Klayar adalah batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di Pacitan.

10. Pantai Buyutan

Keindahan Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini masih satu desa dengan Pantai Banyu Tibo dan tak jauh juga dari Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jika ditempuh dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dengan menempuh waktu 1 jam berjalanan.

Yang unik, pantai dengan karang mahkota yang terletak tidak jauh dari bibir Pantai ini juga menghadirkan hamparan pasir putih yang luas dan eksotis. Salah satu yang menjadi keunikan di Pantai ini adalah teradapat nya batu karang berbentuk seperti mahkota, ada yang menyebut kerang tersebut dengan Mahkota Narada.

Nah, pantai ini juga cocok dijadikan tempat Ngabuburit jelang buka puasa. Apalagi di sekitar pantai sudah ada berbagai warung makan yang menyediakan kuliner.