Menikmati indahnya Pantai Teleng Ria

oleh
Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria

Pacitanku.com, PACITAN— salah satu Pantai yang merupakan obyek wista unggulan di Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Pantai yang berjarak 3,5 km dari pusat kota ini memiliki dasar dari pasir dan ombak dengan tipe beach break. Di sini terdapat sebuah life guard tower tempat penjaga pantai mengawasi dan memastikan keselamatan para pengunjung.

Pantai Teleng Ria merupakan lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantai ini juga dalam jajaran Pantai Selatan dengan luas pasir putih sepanjang sekitar 3 km. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Kendati pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan. Gelombang yang bergulung-gulung dengan indahnya merupakan media yang sangat indah dan menyenangkan untuk berenang bagi wisatawan asing, meskipun berbahaya dan juga sebagai wahana piknik bersama keluarga. Pantai ini memiliki pasir putih dan panorama yang indah dengan pemandangan sekitar, yaitu gunung lima, dan beberapa gunung yang menjulang lainya.

Ombak Pantai Teleng Ria tidak terlalu besar dibandingkan dengan pantai Selatan lainnya. Tetapi ada pula zona larangan berenang karena ombaknya besar. Namun begitu, pantai ini merupakantempat yang menarik bagi pecinta surfing. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Meskipun merupakan pantai selatan, namun ombak di Pantai Teleng Ria relatif kecil, ini cukup bagus bagi para pecinta olahraga surfing. Meskipun karakter ombaknya tidak besar, namun Pantai Teleng Ria cukup representatif untuk melakukan surfing. Karakter ombak yang tidak besar membuat pantai ini cocok untuk para surfer pemula.

Pantai Teleng Ria juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis mancanegara yang ingin menikmati wisata pantai. Belum ramainya aktivitas surfing di Pantai Teleng Ria membuat pantai ini menjadi alasan para surfer asing berselancar di sini. Daya tarik lain mengapa banyak para surfer asing memilih Teleng Ria adalah karena suasana pantainya yang relatif masih sepi.

Selain panoramanya yang indah, di area Pantai ini juga ada fasilitas berupa TPI (Tempat Pelelangan Ikan), sehingga bagi anda yang ingin membeli ikan segar, udang segar, baik yang sudah matang atau yang belum matang dengan harga yang lumayan murah, bisa anda beli disini. Selain fasilitas tersebut, PT. El – John yang menjadi pengelola Pantai ini juga menyediakan Watch Tower, Kolam renang,Tempat bermain dan hotel sebagi kelengkapan fasilitas obyek wisata.

Jarak tempuh Pantai ini dari pusat kota Pacitan cukup dekat, yaitu dapat ditempuh sekitar 5-10 menit dari pusat kota, atau hanya 3,5 km, dan sangat mudah dicapai dengan berbagai kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Hal tersebut dipermudah dengan posisi Kabupaten Pacitan yang terletak di Pantai Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, sehingga untuk mencapai Pantai Teleng Ria akan lebih cepat jika melalui Yogyakarta. Hanya butuh waktu 3 jam perjalanan. Akses jalan dari Yogyakarta menuju Pacitan pun sangat baik meski ruas jalannya tidak terlalu lebar melalui daerah Pegunungan Kidul (Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Wonogiri). Jika berangkat dari Yogyakarta hanya butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mencapai pantai ini dengan menggunakan travel jurusan Jogjakarta-Pacitan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakuklan selancar air atau surfing. Selain tempat persewaan papan selancar, Anda juga bisa menyewa papan boogie. Boogie boards, atau yang biasa disebut Paipo di Hawaii dan juga dikenal dengan nama bodyboards, adalah papan surfing dengan panjang maksimal 4 kaki.

Papan ini dulu biasa digunakan oleh anak-anak sebelum akhirnya mereka mahir berselancar, namun kemudian berkembang menjadi salah satu bentuk selancar profesional. Stand up surfing atau selancar sambil berdiri hanya bisa dilakukan dengan papan berukuran lebih dari 6 kaki (sekitar 1,8 meter).

Ombak di pantai ini tidak terlalu deras, sehingga aman bagi Anda yang hobi berenang. Menuju ke arah barat, Anda akan menemui sebuah pelabuhan kecil tempat para nelayan merapat. Berjalan-jalan di antara perahu-perahu nelayan sambil melihat hasil tangkapan mereka atau mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan akan menjadi pengalaman tersendiri.

Resort ini juga dilengkapi dengan hotel yang terletak hanya sekitar 100 meter dari pinggir pantai. Bagi yang hobi camping, sebuah lapangan terbuka bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan tenda. Jajaran warung-warung makan bertebaran, menawarkan aneka makanan tradisional dan es kelapa muda. Menginginkan bersantap dengan suasana romantis? Tepat di sebelah hotel, terdapat restoran sea food dengan pemandangan menghadap ke laut dan pertunjukan live music. Teleng Ria juga menawarkan fasilitas tempat bermain anak dan arena outbond. Selamat meniikmati teleng ria dan pesonanya.

Source : Pacitanyogyes, The heaven of indonesia