Menikmati Keindahan Pantai Watukarung dan Putri Samudera

oleh -925 views

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Salah satu pantai terbaik di Pacitan yang bisa Anda jadikan tempat untuk menikmati liburan adalah Pantai Watukarung. Dengan ciri khas pasir putih, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitankurang lebih sekitar 25 sampai 30 kilometer. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai Watu Karung memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Baca juga: Kata Bule Swiss: Watukarung Hari ini Mirip Bali 35 Tahun Lalu, Damai dan Indah

Ciri utama dari pantai ini bersih di tengah sempit belahan batu, dan bertemu dengan puluhan perahu nelayan. Dengan letak wilayah yang agak tersembunyi di salah satu titik sepanjang garis pantai selatan Pacitan, Pantai Watu Karung bisa dicapai dengan sepeda motor ataupun mobil melalui jalan berkelok naik turun perbukitan.

Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)
Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Waktu tempuh sekitar satu jam bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini. Hal itu karena akses menuju tempat wisata ini hanya jalan yang lebarnya sekitar 4 meter. Kondisi jalannya memang sudah beraspal, tetapi banyak lubang di sana-sini. Pemandangan perbukitan dengan pepohonan lebat di kawasan Pegunungan Sewu akan menemani sepanjang perjalanan.

Sebelum mencapai lokasi utama, pengunjung akan disuguhi pemandangan gunung batu batu karang di sekitar kanan kiri jalan menuju lokasi, jalanan menuju lokasi melewati daerah pinggiran yang bagus jalannya. Pasir putihnya yang membentang di seluruh bibir pantai dan karang karang raksasa disepanjang garis horizontal pantai menambah keindahan sebuah pantai.

Melewati jalan sempit dengan rumah-rumah penduduk di kanan kirinya, mendadak sepeda motor kami terhenti karena tanah tiba-tiba berganti dengan pasir. Di depan sana sebuah pantai cantik dengan ombak berwarna biru kehijauan membentang.

Tempat wisata Pacitan, Pantai watukarung

Hamparan pasir putihnya terasa sangat lembut. Pulau-pulau karang menghiasi lepas pantainya. Sinar matahari yang bersinar cerah dan langitbiru membuat semuanya semakin sempurna. Bagi pecinta wisata pantai, Pantai Watukarung menawarkan ikonnya yang unik ada batu karang Putri samudra dan Pulau Sirondo.

Baca juga: Saat Aktor Ibnu Jamil Kagumi Keindahan Pantai Watukarung

Bagitu sampai di Pantai Watu Karung, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pohon-pohon kelapa. Pohon tersebut berbaris rapi disepanjang pantai dan berayun, seakan mengajak Anda untuk segara masuk ke dalam kawasan pantai.

Pasir putihnya yang halus akan menyapa Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa, yang sering digunakan untuk arena olahraga air surfing.

Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saattertentu Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surferserasa berada di surga. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri. Beberapa kali pantai ini dijadikan tuan rumah lomba surfing.

Surfing saat senja di pantai Watukarung (Foto :Kuunajib)
Surfing saat senja di pantai Watukarung (Foto :Kuunajib)

Maka, selain pulau Bali yang memang terkenal dengan lautnyayang sering digunakan untuk olahraga surfing, Pantai Watu Karung di pacitan punmenjadi referensi para peselancar air ini untuk menyalurkan hobinya. Jadi di Indonesia, alternatif lain para pegiat surfing selain di Bali adalah Pantai Watu karung di Pacitan.

Pantai Watukarung menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar, bayangkan saja ombak di sini mampu mencapai ketinggian empatmeter. Dengan ombak yang sangat bagus tersebut tak heran peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di sini. Pada tahun2017 lalu, di pantai ini digelar World Surfing League.

Agenda ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan Hello Pacitan. Liga selancar kali ini diikuti 48 peserta dari 13 negara dengan total hadiah mencapai 7500 juta dollar AS. RioWaida keluar sebagai juara kompetisi tersebut.

Hello Pacitan 2017 di Pantai Watukarung.

Selain ombak kelas dunia yang dimilikinya, Pantai Watu Karung ini juga memiliki pesona yang sangat luar biasa indahnya ini jugamemiliki pantai yang sangat bersih dan air lau yang biru. Pasir yang dimilikinya merupakan pasir putih.

Deretan karang berjejer menambah keindahan dari pantai ini. Disamping hal-hal tersebut terdapat juga pepohonan hijau yang melengkapi elemen-elemen keindahan dari tempat ini. Salah satu karang yang cukup dikenal adalah Puteri Samudera. Karang ini mirip dengan seorang putri dengan rambut terurai panjang ke belakang.

Baca juga: Ketakjuban AHY Terhadap Pantai Watukarung: Sepanjang Mata Memandang Indah Sekali

Sekitaran Pantai Watu Karung ini masih alami dan bersih. Belum banyak pengunjung yang datang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pesona alam yang ada. Meskipun demikian sudah mulai banyak yang berdatangan ketempat ini untuk merasakan keindahan serta ombak yang dimiliki oleh Watu Karung.

Oleh karena itu meskipun keadaan tempat yang terpencil dana kses yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini cukup sulit dan kecil tetapi ketersediaan akan tempat menginap sudah ada. Penginapan yang tersedia berupa cottage dan homestay. Tidak ramai, akan tetapi justru itu yang menjadi kelebihan Pantai Watukarung yang terletak di kawasan pesisir Desa Watukarung.

Nuansa orisinil budaya pesisir selatan Jawa yang toleran terhadap budaya baru dari barat, membuat banyak turis asing betah berlama-lama tinggal di sini. Apalagi Watukarung memiliki wahana wisata selancar berkelas dunia yang banyak diburu peselancar dari berbagai negara.

Gulungan ombak setinggi empat hingga enam meter di antara dua batuan karang di lepas perairan Pantai Watukarung menjadi magnet peselancar asing dari berbagai belahan dunia untuk datang.

Di kawasan pesisir Dusun Ketro, Desa Watukarung yangberjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Pacitan ini, para peselancar profesional adu adrenalin menaklukkan ombak Pantai Selatan Jawa yang dikenal ganas.

Kearifan lokal salah satu kelebihan masyarakat Pacitan,khususnya Watukarung dalam pengembangan sektor kepariwisataan selama beberapa tahun terakhir adalah nilai budaya dan kearifan lokalnya.

Dijamin betah dan selalu ingin kembali. Apalagi jika bermalam menikmati siluet saat sunrise maupun sunset dari tepian pasir pantai Watukarung yang eksotis. Suara deburan ombak pantai serta angin sejuk pun menambah akrab suasana pantai ini. Dan tentu, keindahan alam Pacitan dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pesona tersendiri untuk menghadirkan wisatawan. (RAPP002)