BPBD Pacitan Catat 15 Rumah di Tulakan Terdampak Tanah Longsor

oleh -131.717 views
Tembok rumah warga di Wonosidi, Tulakan mengalami kerusakan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mencatat sebanyak 15 rumah di wilayah Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan terdampak bencana alam tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo saat dihubungi Pacitanku.com, Minggu (16/12/2018) mengatakan saat ini tim BPBD Pacitan masih melakukan pendataan peristiwa tersebut.

“Kami melakukan asessment di Wonosidi, Tulakan ada 15 rumah terdampak longsor, Tim BPBD masih mendata,”kata dia.

Selain melakukan asessment di wilayah Tulakan, Didik mengatakan laporan kebencanaan yang sudah ditangani BPBD hingga Minggu di wilayah Desa Temon Arjosari dan Desa Kedungbendo, Arjosari.

“Untuk longsor di Desa Temon Arjosari  telah berhasil dibuka Minggu pagi, untuk banjir di Dusun Pradah, Desa Kedungbedo, pengungsi bersifat sementara 7 KK dan 14 jiwa,”ujarDidik.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com, kejadian tanahlongsor di Tulakan salah satunya menimpa rumah Simis (70), warga RT/RW 017/005 Dusun Sumber, Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan pada Sabtu (15/12/2018) pukul19.00 WIB.

Saat peristiwa itu, kronologi yang terjadi adalah adanya luapan air dari parit jalan yang masuk ke tebing atas rumah. Akibatnya, tembok rumah Simis dengan jumlah penghuni lima orang mengalami kerusakan dengan kerugianmencapai Rp 15 juta.

Berdasarkan siaran pers Pusdatin BPBD Pacitan yang diterima Pacitanku.com mengatakan kondisi cuaca pada Minggu (16/12/2018) berawan dengan suhu udara 25°c, kelembapan 86 %, kecepatan angin 10 km/jam, dan tinggi gelombang 1.25 meter hingga 2,5 meter.

“Dan di prakirakan masih berpotensi hujan ringan sedang tidak merata untuk wilayah kabupaten Pacitan,  di himbau untuk tetap selalu waspada terhadap perubahan cuaca secara singkat dan intensitas hujan yang tinggi di sertai kilat/petir dan angin kencang,”demikian bunyi siaran pers BPBD Pacitan.

Pewarta: Dwi Purnawan