Pacitan Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2018

oleh
Penghargaan dalam bentuk piala emas dan sertifikat ini diserahkan langsung kepada Bupati Pacitan Indartato dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise, Rabu (19/12/2018). (Foto: FB Indartato)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018.

Penghargaan dalam bentuk piala emas dan sertifikat ini diserahkan langsung kepada Bupati Pacitan Indartato dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise, Rabu (19/12/2018) di Istana Wapres RI Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 6, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah Pacitan mendapat Anugerah Parahita Ekapraya(APE) yang diterimakan hari ini di Istana Wakil Presiden Jakarta. APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,”kata Bupati Pacitan, Indartato seperti dikutip dari laman Facebooknya.

Pada 2018 ini, ada 9 kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah daerah kabupaten/kota yang mendapat penghargaan, termasuk Pacitan salah satunya.

Dalam sambutannya, Yohana mengungkapkan bahwa ajang tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah RI atas peran dan komitmen daerah melaksanakan pembangunan PPPA.

“Melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG), seluruh pihak bersama-sama menjadikan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ini sebagai agenda utama,”terangnya.

Untuk diketahui, Penghargaan APE ini diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PP-PA RI), dan merupakan salah satu rangkaian Peringatan Hari Ibu.

Penghargaan APE menjadi hal yang bersejarah bagi setiap Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalammeraihnya. Penghargaan APE telah diberikan sejak tahun 2004 dengan tiga tingkatan yaitu, Utama, Madya, dan Pratama.

Selain pemberian Penghargaan APE, diberikan pula penghargaan kepada Pengelola dan Kelompok Bina Keluarga Balita yang diberikan atas dukungan dalam pemenuhan hak tumbuh kembang anak.

Selain itu juga peningkatan Peranan Wanita Menuju KeluargaSehat Sejahtera (P2WKSS) yang diberikan atas dukungan dalam meningkatkanekonomi keluarga menuju keluarga sejahtera, Rumah Sakit Sayang Ibu dan Balita (RSSIB) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) yang diberikan atas dukungannya dalampenurunan angka kematian Ibu dan Bayi.

Juga Penghargaan Perusahaan Terbaik Pembina Tenaga Kerja Perempuan yang diberikan atas partisipasi Perusahaan dalam mendukung hak-hakpekerja perempuan. (RAPP002)