Pria Donorojo ini Raih Penghargaan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Teladan Nasional

oleh -131.502 views
Jemi Darmawan raih penghargaan TKSK nasional 2018. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Relawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) asal Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jemi Darmawan sukses meraih penghargaan nasional Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita di Gorontalo pada Rabu (19/12/2018) lalu.

Dalam keterangan pers Kemensos RI yang diterima Pacitanku.com pada Sabtu (27/12/2018) di Pacitan, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penghargaan Kesetiakawanan Sosial kepada individu dan lembaga yang kiprahnya telah menginspirasi, dan menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial.

“Pemerintah menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para tokoh, individu, Lembaga, dan kelompok yang telah menjadi inisiator, pelopor, dan berkarya sepenuh hati di bidang tugasnya masing-masing,” kata dia pada acara penghargaan dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Gorontalo.

Pemerintah juga memberikan penghargaan Pendamping KUBE Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 kepada Yusfitra dari Kota Bukittinggi, serta penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai Kementerian Sosial yang telah mengabdi 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

“Saya berharap generasi muda dapat menjadikan mereka sebagai inspirasi untuk terus melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, lingkungan sekitar dan bangsa ini,” ujar Agus.

Selain untuk Jemi, penghargaan Kesetiakawanan Sosial diberikan kepada Hamim Pou (Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo), Krisna Mukti (Duta Komunitas Adat Terpencil), Ida Ayu Selly Fajarini (Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial Kota Denpasar-Bali), PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart), dan Yayasan Jalinan Kasih (MNC).

Kementerian Sosial menilai kelimanya memiliki kepedulian dan komitmen tinggi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Pemerintah di samping itu memberikan Penghargaan Pemberdayaan Ekonomi Produktif kepada Wali Kota Bukittinggi, yang dinilai sebagai Daerah Penggerak Pemberdayaan Ekonomi Produktif Masyarakat Miskin Wilayah I Tahun 2018.

Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan Penyaluran Rastra Terbaik kepada Bupati Bintan (Provinsi Kepulauan Riau), Wali Kota Tebing Tinggi (Provinsi Sumatera Utara), Bupati Muko-Muko (Provinsi Bengkulu), Wali Kota Metro (Provinsi Lampung), Bupati Solok (Provinsi Sumatera Barat), dan Bupati Asahan Provinsi (Sumatera Utara).

Sementara penghargaan bagi Pekerja Sosial Masyarakat Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018 diberikan kepada SA. Soekarsih (Kelurahan Pengadegan di Kota Jakarta Selatan).

Selanjutnya, penghargaan Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018 diberikan kepada Karang Taruna Jayagiri di Kabupaten Bandung, Jawa Barat; Penghargaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018 diberikan kepada Yayasan Rumah Kampus Pena di Kelurahan Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur; dan Penghargaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 diberikan kepada KUBE Sinar Rezeki (Kota Bukittinggi, Sumatera Barat). (RAPP002)