Menikmati Keindahan Panorama Pantai Soge

oleh -3.006 views

Pacitanku.com, NGADIROJO – Saat Anda melakukan perjalanan darat melewati jalur lintas selatan (JLS) Kabupaten Pacitan, Anda seketika terhenti saat mata Anda tertuju pada sekerumunan wisatawan bermain air tawar di muara Pantai Soge, salah satu destinasi wisata paling indah di Pacitan.

Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Namun, jika ingin sekaligus menikmati setiap destinasi pantai berikut aneka panorama keindahan lainnya, kebutuhan waktu bergantung pada setiap pelancong untuk mengatur ritme perjalanan masing-masing.

Panorama Indah Pantai Soge

[email protected]

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Puluhan wisatawan lokal dari sejumlah daerah, mulai anak-anak hingga orang dewasa, begitu asyik bermain air di muara Sungai Soge yang jernih dengan pasir putihnya.

Sementara, alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai. Sementara debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian Pantai Soge, sekelompok wisatawan remaja lain asyik bermain sepak bola plastik atau sejenis futsal hingga puas.

Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung selain sekadar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air, ataupun sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Wahana itu adalah ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah.




Sementara, danaunya tidak terlalu luas, tetapi sudah cukup untuk manuver speed boat atau kapal cepat kecil ataupun perahu wisata yang disewakan sejumlah nelayan setempat. Tak heran jika danau kecil berair payau (air laut bercampur air tawar dari Sungai Soge) ini menjadi rujukan wisatawan.

Selain posisinya yang teduh di pinggiran kebun kelapa, hanya dengan biaya Rp 15.000 per orang, pengunjung bisa menyewa jasa perahu wisata atau speed boat kecil untuk mengitari danau tersebut hingga beberapa kali putaran. Gambaran pemandangan di atas hanya sebagian keindahan di kawasan pesisir Pantai Soge yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.

soge via @lukieukie

Jika Anda menginginkan mengabadikan momen bersama keluarga, kawasan Pantai Soge semakin lengkap dengan adanya spot foto berupa tulisan besar Pantai Soge. Ini adalah salah satu titik favorit pengunjung saat menikmati pesona Pantai Soge. Titik lain yang bisa Anda abadikan adalah titik di tepi JLS di atas pantai tersebut. Disini, dengan view background berupa laut lepas, semakin menambah pesona Pantai Soge.

Ketika mampir di Pantai Soge selama kurang lebih dua jam, rasanya tak cukup puas dan rasanya ingin menghabiskan waktu seharian, dari pagi hingga sore, agar bisa menyaksikan saat-saat matahari terbit dan terbenam. Pantai Soge ini kini dikelola Pemkab Pacitan bekerja sama dengan masyarakat Desa Sidomulyo.

Jembatan Soge

Jembatan Soge via IG @dwi_osmo

Selain pesona pantai, Anda masih akan disuguhi pemandangan lain yang tak kalah menakjubkan. Antara lain, jembatan Soge di salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang dibuat futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak wisatawan atau remaja lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge yang panjangnya 100 meter ini untuk sekadar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.

Jembatan ini sering dijadikan wisatawan sebagai tempat nongkrong dan berfoto ria, atau lebih banyak menikmati pemandangan lepas pantai Puring saat pagi atau senja hari. Dan memang saat – saat yang tepat mengabadikan momen indah di jembatan ini adalah saat senja hari, dan anda bisa menikmati lembayung senja yang elok. Setelah puas berfoto ria, anda pun bisa menikmati makanan kecil dan minuman yang tersaji oleh para pedagan

Jembatan ini sudah menjadi salah satu ikon jalur lintas selatan Pacitan karena desain konstruksinya berbeda dengan jembatan-jembatan lain pada umumnya.

Tambak Udang

Tak jauh dari area jembatan Soge, Anda bisa menyaksikan budidaya tambak udang. Di area tersebut terdapat tambak udang Busmetik (Budidaya Udang Skala Mini  Empang Plastik). Tambak ini adalah tambak hasil pemberdayaan masyarakat yang digagas Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Mulyosari.

Tambak udang tersebut dikembangkan di areal 2,4 Ha mengembangkan udang selama 100 hari di tepi JLS Pantai Soge. Adapun, percobaan ini benihnya ditaburkan oleh Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono di  Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirojo tahun 2013 lalu.




Tambak ini dikelola oleh  Posdaya Mulyosri dengan tiga empang yang  masing-masing empang berisi 120.000 benih udang. Pemeliharaannya  ditangani oleh 12 orang. Tambak udang ini kedepan akan dijadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Desa  Sidomulyo.

Tambak ini menjadi lumbung penghasilan masyarakat setempat, seperti pada hasil penjualan pertama diperkirakan menghasilkan Rp400 juta. Dan selama satu tahun  paling tidak akan panen 3 kali senilai Rp 1,2 miliar.

Demikianlah, banyak hal yang bisa Anda nikmati di Pantai Soge. Silahkan jadikan pantai inimenjadi daftar kunjungan Anda saat ke Pacitan. (RAPP002)