Masyarakat Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu di Pacitan

oleh -1.759 views
AKSI DAMAI. Elemen masyarakat Pacitan menggelar aksi damai Penyelenggaraan Pemilu di Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN — Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Jujur dan Adil Pacitan mengapresiasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Kabupaten Pacitan dalam aksi damai yang digelar pada Jumat (10/5/2019) di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Jalan Veteran nomor 66 Pacitan.

Koordinator Aksi Ahmad Sonhaji dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan aksi yang digelar ini sebagai bentuk apresiasi atas penyelenggaran Pemilu serentak pada Rabu (17/4/2019) lalu di Pacitan yang berlangsung dengan damai.

“Alhamdulillah, Pacitan luar biasa, di Pacitan tidak ada kecurangan, berlangsung jujur dan adil, kami mengapresiasi KPUD dan seluruh jajarannya benar-benar memiliki integritas,”kata dia.

Lebih lanjut, Sonhaji mengatakan penyeenggaraan Pemilu di Pacitan, dari sisi penyelenggaranya melaksanakan proses Pemilu dengan baik dan netral.“Yang  cukup luar biasa, benar-benar menampakkan keneteralannya, di semua tingkatan dari tingkat KPPS, PPK sampai KPUD, di Pacitan tidak kecurangan apapun, sampai proses perhitungan suara,”ujar dia.

Dalam prosesnya, Sonhaji juga mengapresiasi lancarnya proses tahapan Pemilu serentak di Pacitan, dimana proses demokrasi yang digelar dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal. “Kami juga apresiasi para penyelenggara di Pacitan, tidak ada satupun yang tewas,”tandas Sonhaji.

Selajutnya, kata Sonhaji. Aksi damai tersebut, kata dia menampilkan paparan suara di Pilpres dengan harapan nominal suara di tingkat kabupaten hingga tingkat nasional tidak berubah.

AKSI DAMAI. Koordinator aksi Ahmad Sonhaji saat wawancara dengan wartawan di sela-sela aksi damai, Jumat (10/5/2019). (Foto: Dwi Purnawan)

“Selanjutnya, tinggal bagaimana masyarakat mengawal suara ini, dan kami percaya terhadap eksistensi KPUD, siapapun yang terpilih kami legowo, asalkan tidak ada kecurangan,”paparnya lagi.

Aksi damai yang mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat berlangsung lancar.

Dalam aksinya, massa aksi membentangkan spanduk ucapan terimakasih untuk KPU serta spanduk perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) di semua Kecamatan di Pacitan.

Dalam spanduk tersebut, ditampilkan jumlah perolehan suara berikut prosentasenya yang menunjukkan keunggulan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno. Selain itu, mereka juga membentangkan spanduk dukungan untuk Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno dipastikan meraup suara terbanyak dalam Pemilihan Presiden di Kabupaten Pacitan sesuai hasil Rapat Pleno KPU Pacitan.

Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno meraih 230.810 suara atau prosentase sebesar 66,51%. Sementara, Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan 116.196 suara atau 33,49%. Adapun jumlah total suara sah adalah 347.006 suara yang menggunakan hak pilihnya di 1.973 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan di Pacitan.

Sementara, angka partisipasi Pemilu serentak di Kabupaten Pacitan yang berlangsung pada Rabu (17/4/2019) lalu adalah 74,8% atau 75% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilu serentak tersebut sebanyak 478.463 orang.

Pewarta: Dwi Purnawan