Geliat Ramadhan dari Masjid di Jantung Kota Pacitan

oleh

Pacitanku.com, PACITAN – Bulan Ramadhan tahun 1440 H memasuki hari ke-6 pada Sabtu (11/5/2019). Geliat Ramadhan yang berlangsung kurang lebih sepekan ini juga terasa di jantung Kota Pacitan, salah satunya Masjid Agung Darul Falah yang terletak di sebelah barat Alun-alun Pacitan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Bulan Ramadhan juga digelar di Masjid terbesar di Pacitan ini.

Pantauan Pacitanku.com pada Jumat (10/5/2019), puluhan pedagang memenuhi lapak yang digelar di halaman parkir Masjid Agung Darul Falah. Mereka nampak bersemangat menjajakan dagangannya dalam Bazar Ramadhan. Berbagai jajanan khas Pacitan, kuliner, pakaian muslim dan berbagai pernik Ramadhan dijual di bazar ini.

Sekitar pukul 16.30 WIB, para pengunjung pelan-pelan mulai memadati bazar tersebut. Salah satu petugas bertugas menyampakan orasi dan promosi bazar di tepi jalan di barat alun-alun Pacitan. “Monggo bapak-ibu, yang mau hidangan berbuka bisa mampir di bazar Masjid Agung Pacitan,”kata petugas tersebut melalui pengeras suara.

Pacitanku.com mencoba mengunjungi salah satu stan bazar di halaman masjid tersebut dan membeli salah satu minuman segar. Harganya sangat terjangkau, dua gelar minuman dawet harganya hanya Rp10 ribu saja. Selain stan kuliner, ada juga stan pakaian muslim yang dijual di bazar yang mulai dibuka setiap hari mulai pukul 15.30 WIB ini.

Selain bazar Ramadhan, di bagian dalam masjid juga berlangsung secara rutin pengajian sore, buka puasa bersama, dilanjutkan dengan Shalat Tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur’an.

Di bagian depan masjid, sebuah baligho besar terpampang di depan masjid yang diresmikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini. Baligho tersebut berisikan jadwal imsakiyah, berikut para penceramah dalam sholat tarawih dan penceramah kuliah subuh setiap selesai sholat Subuh. Lengkap hingga akhir Ramadhan.

Berbagai program lain yang disiapkan pengurus adalah paket buka puasa anak yatim, i’tikaf Ramadhan, zakat hingga Shalat Idul Fitri. (RAPP002)