Daftar Caleg DPR RI yang Lolos Dapil VII Jatim: Ibas, Mantan Jubir KPK Hingga Istri Bupati Ponorogo

oleh

Pacitanku.com, PACITAN – Putra bungsu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dipastikan akan kembali melenggang ke gedung DPR RI di senayan.

Merujuk hasil rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada Kamis (9/5/2019) lalu, Ibas meraih suara terbanyak di Dapil VII Jawa Timur yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Magetan, dan Trenggalek.

Ibas sukses mengumpulkan 263.510 suara dari semua daerah di Dapil tersebut. Bahkan di Kabupaten Pacitan, pria kelahiran Bandung itu sukses meraih suara terbanyak dengan perolehan 120.742 suara.

Untuk diketahui, menjadi kontestan Pileg bukan yang pertama bagi Ibas. Pileg 2019 sudah menjadi pertarungan ketiganya. Pertama Ibas berhasil lolos masuk ke senayan di Komisi I DPR RI, membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, intelijen, dan komunikasi dan informasi periode 2009-2014.

Suami Siti Ruby Aliya Radjasa itu kembali mencalonkan diri dan berhasil lagi lolos masuk ke Senayan menjadi anggota DPR RI dan mengemban tugas di Komisi X yang membidangi Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga periode 2014-2019. Kini dirinya kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Baca juga: Raih Suara Terbanyak di Pacitan, Ibas Diprediksi Kembali Melenggang ke Senayan

Partai Demokrat yang mendapatkan 20,12 % suara di Dapil VII Jatim ini juga sukses mengantarkan dua wakilnya duduk di senayan. Selain Ibas, satu lagi wakil yang lolos ke senayan dari partai besutan SBY ini adalah Sartono dengan perolehan 62.757 suara.

Sementara, PDI Perjuangan masih menjadi partai pemenang di Dapil ini dengan perolehan 431.406 suara  atau 20,79%. Atas raihan itu, PDIP berhasil mendudukkan dua wakilnya ke kursi DPR RI, yakni Ina Ammania dengan perolehan 76.792 suara dan Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Saptopribowo dengan perolehan 76.395 suara.

Selain itu, atas keberhasilan keduanya duduk di DPR otomatis menggeser politisi senior PDI Perjuangan lainnya, Budiman Sudjatmiko yang gagal kembali ke senayan.

Yang cukup mengejutkan adalah hasil yang diraih Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Di Dapil VII Jatim ini, Partai Nasdem merangsek menjadi partai dengan perolehan suara tiga besar dengan raihan 275.139 suara atau setara 13,26%.

Atas raihan itu, Nasdem sukses mengantarkan Calegnya, Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Bupati Ponorogo duduk di kursi DPR RI. Sri Wahyuni menang dengan perolehan 161.102 suara.